Tips Mendapatkan Istirahat yang berkualitas ?

KENDARINEWS.COM–Akhir pekan waktunya untuk istirahat setelah lelah menjalankan rutinitas kerja yang menyita waktu, pikiran dan tenaga. Apa saja yang harus dilakukan :

Hindari konsumsi kopi, rokok, dan alkohol. Setelah makan siang, hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti dapat menyebabkan pola tidur terganggu. Dua jam sebelum tidur hindari rokok dan minuman beralkohol. Rokok juga merupakan stimulan bagi pusat syaraf manusia yang membuat susah tidur.

Tetapkan waktu tidur yang teratur. Jam tidur yang berantakan dapat mengganggu jam biologis Anda. Telat tidur bukan berarti Anda bisa bangun lebih siang. Awalnya memang sulit, namun jika pola tersebut sudah tertanam dengan baik pasti bisa dijalani.

Sempatkan untuk berolahraga setiap hari. Tubuh yang selalu aktif secara fisik selain baik untuk kesehatan secara umum juga sangat membantu untuk memastikan tidur yang nyenyak di malam hari. Hindari berolahraga mendekati jam tidur karena akan menyulitkan tubuh untuk tertidur, karena tubuh masih dalam keadaan ‘bersemangat’atau belum rileks

Tenangkan pikiran dan mental. Tenangkan pikiran dan mental Anda. Jangan terlalu banyak memikirkan masalah ketika menjelang tidur malam. Siapkan diri untuk tidur dan mimpi indah. (P2PTM Kemenkes RI)

Tinggalkan Balasan