Peserta Didik yang Terkonfirmasi Covid Bisa USBK di Rumah


KENDARINEWS.COM — Peserta didik yang terkonfirmasi positif covid-19 tak perlu khawatir tidak bisa mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK). Pemkot Kendari akan memberi sejumlah kelonggaran. Bagi mereka yang terpapar covid bisa melaksanakan ujian di rumah masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari Makmur mengatakan kebijakan mengizinkan peserta didik melaksanakan ujian dari rumah dalam rangka memenuhi hak siswa untuk mendapatkan pendidikan. Pasalnya, pandemi Covid-19 bukan jadi alasan siswa tidak mendapatkan layanan pendidikan. “Kami beri kemudahan,” ujarnya kemarin.

Ilustrasi

Kebijakan tersebut hanya berlaku bagi peserta didik yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara bagi peserta didik lain disarankan untuk mengikuti USBK di sekolah masing-masing. Di sisi lain, kebijakan itu juga dihadirkan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid di satuan tingkat pendidikan di Kota Kendari. “Ujiannya kan secara online. Jadi bisa diikuti di mana saja,” kata Makmur.

Mantan Asisten I Pemkot Kendari ini menambahkan, berhubung pelaksanaan USBK untuk SMP dilaksanakan pada April, dan SD pada Mei mendatang, pihaknya sementara mempersiapkan sistem yang akan digunakan bagi peserta USBK dari rumah. “Sementara disiapkan oleh panitia,” ungkap Makmur.

Makmur tak menyebut jumlah peserta didik di Kota Kendari yang terkonfirmasi Covid-19. Yang jelasnya, total peserta USBK tahun ini tercatat sebanyak 11.137 peserta dari 126 sekolah (SD dan SMP). Rinciannya, SMP 5.189 peserta dan SD sebanyak 5.948 peserta. (b/ags)

Peserta USBK
SD
5.948 Peserta
Dijadwalkan April
SMP
5.189 Peserta
Dijadwalkan Mei

Total 11.137 Peserta
Sebanyak 126 Sekolah (SD dan SMP)