PDIP Sultra Gelar Lomba Kuliner

KENDARINEWS.COM — Sulawesi Tenggara memiliki beraneka ragam makanan tradisional. Tak sedikit mengalami potensi degradasi karena dampak serbuan kuliner luar negeri.

Atas dasar itu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sultra menggelar lomba kuliner dengan tema mustika rasa. Tema tersebut diambil dari judul salah satu buku karya Presiden RI pertama Ir. Soekarno.

Bendahara DPD PDIP Sultra, Nursalam Lada mengatakan, buku Mustika Rasa dikarang oleh Bung Karno dengan tujuan memperkenalkan dan membangkitkan kecintaan masyarakat kepada makanan tradisional nusantara termasuk Sultra. Buku Mustika Rasa pertama kali terbit 1967. Kegiatan lomba kuliner ini juga dalam rangka memperingati bulan Bung Karno.

Suasana lomba kuliner Mustika Rasa.

Subtansinya, agar kelestarian makanan tradisional di 17 Kabupaten dan kota di Sultra tetap terawat dan terjaga dengan baik. “Meskipun dunia terus berkembang, maju, yang diwarnai serbuan aneka makanan luar negeri, namun kita tidak boleh lemah apalagi sampai meninggalkan makanan khas daerah. Karena mencintai makanan tradisonal adalah bagian menjaga kekayaan kuliner bangsa yang wajib dilestarikan secara terus menerus,” kata Nursalam Lada kepada Kendari Pos, Senin (28/6).

Ketua Panitia Lomba Kuliner Nirna Lachmudin mengatakan, lomba kuliner Mustika Rasa tersebut digelar masih dalam rangkaian kegiatan Bulan Bung Karno, setelah sebelumnya melaksanakan kegiatan peresmian masjid Merah di Kecamatan Nambo, Kota Kendari, Sultra.

Nirna mengatakan, Kuliner Mustika Rasa adalah masakan selera Nusantara yang sudah ada sejak jaman Sukarno sehingga terbit buku yang menceritakan mengenai masakan Nusantara khas Indonesia yang diterbitkan dan satu-satunya buku karangan pemerintah pada tahun 1967.(ali/ adv)

Tinggalkan Balasan