Peringati Hari Air se-Dunia, BWS Sulawesi IV Kendari Tanam Ratusan Pohon

Kesehatan

KENDARINEWS.COM — Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV Kendari memperingati hari air sedunia ke-29, Senin (22/3). Kegiatan ini diisi dengan penanaman pohon produktif di kolam Retensi Boulevard, Kota Kendari. Penanaman pohon dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Kepala BWS Sulawesi IV Kendari, Haeruddin C. Maddi mengatakan peringatan hari sedunia tahun 2021 mengangkat tema “Mengelola Air, Menjaga Kehidupan”. Penanaman pohon ini sambungnya, sekaligus mendukung Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA).

“Jadi aksi sosial yang kita lakukan merupakan bagian dari program penanaman pohon di bangunan konservasi air seperti bendungan dan embung yang ada di seluruh Indonesia oleh Kementerian PUPR,” kata Haeruddin C Maddi.

Penanaman pohon ini, sesuai dengan instruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR). Upaya ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat pentingnya air bersih dan pengelolaan sumber air yang berkelanjutan. “Ini arahan pusat. Setiap balai di Indonesia, mengadakan kegiatan penanaman pohon di wilayahnya masing-masing di peringatan Hari Air sedunia,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial dan formalitas belaka. Tetapi harus memperhatikan keberlanjutannya. Seperti pemeliharaan tanaman, sehingga menciptakan suasana hijau yang produktif.

“Kita mengedepankan kebermanfaatan setiap apa yang dilakukan. Pohon produktif yang ditanam sebanyak 200 pohon yang diharapkan dapat tumbuh dan menjadi area tangkapan air baru untuk memperbaiki dan menghijaukan kondisi area,” terangnya. (b/ndi)

Tinggalkan Balasan