Antisipasi Lonjakan Harga, Disperindag Konawe Rutin Turun ke Pasar

KENDARINEWS.COM — Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop-UMKM) Konawe menjadi leading sektor pemerintah dalam menjaga kestabilan harga-harga kebutuhan pokok. Pemantauan harga di pasar rutin dilakukan pihak instansi tersebut untuk memastikan nilai jual berbagai kebutuhan pokok tetap normal.

Kepala Disperindagkop-UMKM Konawe, Jahiuddin, mengatakan, pihaknya intens turun ke beberapa pasar untuk melihat sejauh perkembangan daya beli masyarakat. Survei lapangan tersebut, katanya, sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga pada beberapa jenis barang kebutuhan pokok.

“Kita terus melakukan pemantauan. Misalnya di Pasar Asinua dan Wawotobi. Tim itu dari internal Disperindag. Tapi andaikata terjadi lonjakan harga kebutuhan pokok, kita segera koordinasi dengan pihak Bulog untuk melakukan operasi pasar,” ujar Jahiuddin. Ia menuturkan, dengan melakukan survei lapangan di beberapa pasar di Konawe, pihaknya juga bisa mengetahui perkembangan tingkat inflasi.

Katanya, Disperindagkop-UMKM merupakan salah satu bagian dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), berkolaborasi dengan beberapa instansi terkait lainnya. “Jadi untuk mengetahui sejauh mana tingkat inflasi dan kestabilan harga, makanya kita turun ke pasar. Sejauh pemantauan yang kita lakukan, saat ini harga-harga kebutuhan pokok masih dalam keadaan normal,” pungkas Jahiuddin. (c/adi)

Tinggalkan Balasan