Akses Routa Rusak, Investasi di Konawe Terhambat

Konawe

KENDARINEWS.COM — Akses infrastruktur jalan sangat menunjang aktivitas perekonomian, termasuk sektor pertambangan di daerah. Rencana penanaman modal asing berbendera PT Indonesia Konawe Industrial Park (IKIP) di Kecamatan Routa pada tahun ini, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melakukan beberapa persiapan. Diantaranya, perubahan status wilayah Routa dari zona penyangga menjadi kawasan inti industri. Tak hanya itu, kelancaran akses transportasi juga sangat penting untuk mempercepat pembangunan kawasan pabrik di Routa. Sayangnya, akses transportasi darat menuju wilayah paling barat Konawe itu, sangat sulit dilalui.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, mengakui, akses jalan menuju kawasan mega industri baru di Routa, sangat sulit dilalui kendaraan roda dua maupun empat sekalipun. Padahal, investasi yang bakal masuk di Routa nominalnya mencapai 5 miliar USD. “Kita sambut (investasi) tersebut. Yang jadi domain kabupaten, kita sudah lakukan upaya secepat mungkin,” ujar mantan Ketua DPD PAN Konawe itu.

Terkait infrastruktur jalan, sambung Kery, akses menuju Routa dari kota Unaaha, bukanlah menjadi tanggung jawab kabupaten. Dengan demikian, ia beranggapan, masyarakat jangan salah kaprah menuding Pemkab Konawe tak serius membenahi jalan penghubung yang ada di wilayah itu. “Ada wilayah-wilayah jalan yang masyarakat harus ketahui. Di Routa itu kita mau aspal. Termasuk jalur di Abuki juga begitu. Tapi kan, itu statusnya jalan provinsi. Jadi, Pemprov Sultra yang harus perbaiki,” argumen Kery Saiful Konggoasa. (b/adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *