BLK Kendari Target Latih 2.554 Calon Pekerja

KENDARINEWS.COM — Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari terus melatih calon tenaga kerja terampil. Pada tahun ini, BLK menargetkan bisa menelorkan 2.554 calon pekerja. Tahun 2020 lalu, lembaga ini berhasil melatih 2.144 calon pekerja. Pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan skill dan kompetensi calon pekerja di Bumi Anoa.

Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu mengungkapkan pelatihan tahun ini terdiri dari Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Non Boarding yang terdiri dari 50 paket dengan sasaran 800 orang, bantuan pelatihan BLK komunitas 9 paket dengan sasaran 144 orang untuk dilatih.

“Kemudian PBK UPTP (Unit Pelaksana Teknis Provinsi) Boarding jumlah 3 paket dengan sasaran 48 orang, PBK UPTP MTU (Mobile Training Unit) 20 paket dengan sasaran 320 orang, pelatihan produktivitas 11 paket sasaran 330 orang, dan dunia industri 10 paket sasaran 160 orang,” ungkap Polondu.

Ia menjelaskan, target 2.554 orang untuk dilatih keterampilanya juga berasal dari PBK Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Binaan, yang terdiri dari lima daerah di Sultra. Diantaranya, BLK Lainea dengan 12 paket sasaran dilatih 192 orang, BLK Kolaka 21 paket sasaran 336 orang, BLK Kolaka Utara (Kolut) 10 paket sasaran 150 orang.

“Dua daerah lainya adalah Buton Utara (Butur) dan Konawe Utara (Konut) dengan masing-masing 2 paket sasaran 32 orang. Adapun kejuruan yang dibuka adalah kejuruan otomotif (Service Sepeda Motor Injeksi) dan kejuruan Garmen Apparel (pembuat pakaian), ” bebernya.

Mantan Kabag Rumah Tangga Kemenaker ini menjelaskan, target melatih 2. 554 orang bukan tanpa alasan. Pasalnya, BLK Kendari baru saja mendapat suntikan dana dari Pemerintah Sultra melalui dana APBD sebesar 500 juta yang akan digunakan untuk pelatihan di BLK Kendari tahun 2021.

“Dengan target apa yang menjadi kebutuhan industri kita, akan kita latih disini (BLK). Setelah mereka selesai pelatihan dan sudah memiliki keterampilan yang bisa dipertanggungjawabkan berupa pemberian sertifikat, Insyaallah mereka akan diterima kerja di perusahaan manapun, ” tutup Polondu. (b/ags)

Tinggalkan Balasan