PAN Dorong Peningkatan Profesionalisme Penegakan Hukum

Politik

KENDARINEWS.COM — Penegakan hukum di Indonesia selama tahun 2020 masih tumpul ke atas. Karena itu PAN mendorong profesionalisme penegakan hukum untuk ditingkatkan. Sekretaris Jenderal DPP PAN, Eddy Soeparno mengatakan, aspek penegakan hukum ke depan harus dipastikan bisa lebih profesional dan menjunjung tinggi prinsip keadilan dan hak asasi manusia (HAM).

Sekretaris Jenderal DPP PAN, Eddy Soeparno (tengah) bersama kader partai menyoroti penegakan hukum yang belum begitu profesional saat jumpa pers di Kantor DPP PAN, di Jakarta Selatan, Rabu (30/12).

“PAN mendorong pemerintah dan aparat penegak hukum untuk meningkatkan profesionalisme, penghormatan terhadap HAM serta menjunjung tinggi prinsip keadilan dalam melaksanakan tugas-tugas dan tanggung jawabnya,” ujar Eddy Soeparno saat jumpa pers di Kantor DPP PAN, di Jakarta Selatan, Rabu (30/12).

Menurut Eddy, prinsip penting negara hukum yakni adanya kesetaraan bagi setiap orang di hadapan hukum (equality before the law). Oleh karena itu, setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan perlindungan dan kepastian hukum yang adil, serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.

“Keadilan dan kepastian hukum harus tetap menjadi komitmen yang harus diwujudkan Pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan dengan tidak melakukan tebang pilih dalam penerapan hukum,” demikian Eddy Soeparno.

Turut hadir saat jumpa pers, Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi PAN Pangeran Khairul Saleh, dan anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PAN Jon Erizal. (rmol)

Tinggalkan Balasan