PKB Dorong Adanya Rekonsiliasi Pasca Pencoblosan

Politik

KENDARINEWS.COM — Untuk menjaga kondusifitas daerah pasca pemungutan suara, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sultra mendorong rekonsiliasi dan persatuan. Langkah ini tak lain untuk menghindari segala bentuk provokasi pasca digelarnya Pilkada 2020.

Ketua DPW PKB Sultra, Jaelani

Ketua DPW PKB Sultra, Jaelani mengatakan meski ada dinamika yang terjadi, pilkada berlangsung cukup damai dan lancar. Untuk itu, kondusifitas sosial ini perlu dipertahankan hingga proses rekapitulasi suara berakhir di Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Kami mendorong agar situasi dan stabilitas daerah terus terjaga. Jangan ada provokasi atau pertiakian yang bisa merugikan daerah,” kata Jaelani kepada Kendari Pos, Jumat (11/12).

Pria yang akrab disapa Bang Jay ini menyebut, semua kandidat sudah mengkalkulasi perolehan suara pada pemilihan kepala daerah 2020. Dari kalkulasi itu, tentu sudah ada hitungan menang dan kalah atas rival politik. “Klaim-klaim setiap paslon wajar saja berdasarkan hitungan masing-masing, tetapi kami mendorong agar klaim itu tidak menyulut sebuah perpecahan,” pintanya.

Meskipun lembaga survei telah mengumumkan quickcount atau hitung cepat, namun yang berhak menentukan hasil adalah KPU masing-masing yang menggelar Pilkada. Sebagai partai politik pengusung pasangan calon, PKB tetap menghormati segala proses demokrasi dan menyerahkan sepenuhnya kepada penyelenggara Pemilu. Tentunya juga, publik terus mengawal seluruh proses tersebut.

“Kita percayakan kepada KPU dan Bawaslu yang menentukan perolehan suara. Masih ada tahapan rekapitulasi berjenjang dari tingkat kecamatan hingga KPU kabupaten,” bebernya.

Selain itu, proses politik juga masih bisa berakhir di Mahkamah Konstitusi (MK) bagi pihak yang tidak terima dengan hasil pemilihan. “Jadi, masih ada ruang keberatan yang diatur dalam konstitusi kita bernegara. Saya berharap, proses Demokrasi yang telah berlangsung berakhir damai dan seluruh elemen masyarakat kembali bersatu membangun daerah. Dan kepada Kapolda Sultra dan Danrem 143 Haluoleo kami ikut mengucapkan terimakasih atas tanggung jawab mengamankan daerah kita sehingga Pilkada berlangsung damai dan lancar,” tandasnya. (b/ali)

Tinggalkan Balasan