Sukses, Tim Tabur Kejati Sultra Ringkus DPO Penggelapan Jabatan

KENDARINEWS.COM–Tim  tabur kejaksaan tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dibackup  tim Tabur Kejaksaan Negeri (Kejari) Baubau dengan melibatakn Kodim 143 Buton berhasil melakukan penangkapan terhadap satu buronan yang telah menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) terpidana kasus penggelapan jabatan atas nama Terpidana MUH. Fadhel Christopol di Jl. Jendral Sudirman No. 66 A Kecamatan Wolio Kota Bau-Bau.

Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Sultra, Dody SH mengatakan, penangkapan terhadap satu terpidana itu ditangkap pada Rabu malam (13/12) sekitar pukul 22:00 Wita saat  terpidana baru keluar dari menghadiri pesta pernikahan di Baubau.

“Awalnya tim Tabur Kejati Sultra dan  Kejari Kendari setelah menerima informasi terkait keberadaan terpidana langsung berangkat ke Kota Bau-Bau. Setelah tiba di Kota Bau-Bau tim tabur Kejati Sultra, tim tabur Kejari Kendari yang di backup tim tabur Kejari Bau-Bau langsung mengamankan DPO atas nama Muh. Fadhel Christopol yang baru keluar dari gedung pesta,”ungkapnya, Kamis (14/12) kemarin.

Kasipenkum Kejati Sultra Dody mengatakan, bahwa berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI No : 663 K/Pid/2022, Tanggal 05 Juli 2022 terpidana Muh.Fadhel Christopol terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak Pidana “penggelapan dalam jabatan” sebagaimana diatur dalam Pasal 374 KUHP, menjatuhkan Pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana Penjara selama 1 (satu) Tahun.

“Terhadap Terpidana sebelumnya telah dilakukan pemanggilan secara patut, namun Terpidana tidak pernah menghadiri panggilan jaksa untuk keperluan eksekusi, akhirnya Terpidana masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO),”katanya menjelaskan. Ditambahkan, untuk saat ini terpidana Fadhel telah diamankan di Lapas Kelas II A Kendari sambil menunggu proses hukum selanjutnya. (KN)

Tinggalkan Balasan