Kesbangpol Sultra Bentuk Satgas Pengawasan Pemilu

KENDARINEWS.COM–Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sulawesi Tenggara (Kesbangpol Sultra), komitmen mengawal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, supaya berjalan lancar, aman, dan kondusif. Sejauh ini, berbagai upaya telah dilakukan. Diantaranya, membentuk Satgas Pengawasan penyelenggaraan pilkada hingga mendorong penertiban alat peraga kampanye (APK).

Kepala Kesbangpol Sultra, Harmin Ramba menegaskan, pihaknya komitmen menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak di Bumi Anoa. Harmin ingin memastikan, kontestasi politik di berjalan aman dan transparan.

Kami telah melakukan persiapan matang untuk mengawasi kelancaran Pemilu. Tim pengawas akan disebar ke berbagai wilayah, untuk memastikan setiap tahap dalam pesta demokrasi berjalan sesuai prosedur. Selain melakukan pengawasan, karena belum memasuki masa kampanye, kami juga telah menginstruksikan semua APK agar ditertibkan,” ungkap Harmin Ramba, kemarin.

Selain itu, Kesbangpol Sultra juga telah menjalin kerja sama dengan instansi terkait. Seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, Bawaslu Sultra, Kepolisian, dan lainnya. Hal ini bertujuan, untuk meningkatkan koordinasi antar lembaga, demi terciptanya Pemilu yang kondusif

Kami juga aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat, mengenai pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi ini. Dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, sangat diperlukan untuk menjaga integritas dan keberhasilan Pemilu,” jelasnya.

Dengan kesiapan dan langkah-langkah yang telah diambil oleh Kesbangpol Sultra, lanjut Harmin, diharapkan Pemilu berjalan lancar, bebas dari gangguan, dan menghasilkan representasi kehendak rakyat yang akurat.

Harapan kita, Pemilu berlangsung aman, damai, jujur, netral, dan berkeadilan. Selain itu, kita juga berharap agar partisipasi pemilih semakin meningkat,” harapnya. (rah)

Tinggalkan Balasan