Kesbangpol Kota Kendari: Banyak Ormas Belum Terdaftar 

KENDARINEWS.COM–Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kendari merinci masih banyak organisasi masyarakat (ormas) di Kota Lulo yang belum terdaftar di instansi itu.

Kepala Kesbangpol Kota Kendari, Junaidin Umar mengakui keberadaan dan belum terdaftarnya ormas tersebut karena memanfaatkan Pasal 28 UUD 1945 yang berbunyi kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang. 

 Selain itu, ada juga Pasal 28E Ayat 3 yang berbunyi setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.

“(Ormas) Bertopeng di undang-undang itu (Pasal 28) kebebasan berkumpul dan berpendapat. Jadi kita tidak bisa melarang,“ kata Junaidin Umar. 

 Mantan Kepala Damkar Kota Kendari ini mengungkapkan, jumlah ormas yang terdaftar di Badan Kesbangpol tercatat sekitar 60 ormas. Ia berharap, ormas yang ada di Kota Kendari bisa melaporkan keberadaannya sehingga bisa terdata oleh pemerintah. 

 Hal tersebut, lanjut Junaidin, penting dilakukan agar ormas memiliki legalitas sehingga bisa terbebas dari potensi somasi atau jeratan hukum ketika melaksanakan kegiatan seperti diantaranya saat menggelar aksi demonstrasi.

“Saat ini demo-demo yang ada sifatnya spontan. Kebebasan menyampaikan pendapat tidak dilarang. Asal melapor,” pungkasnya. (ags)

Tinggalkan Balasan