Lantik Komjen Andap, Mendagri: Jalankan Tugas, Tunaikan Amanah

 KENDARINEWS.COM–Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) di Jakarta, kemarin. Andap dilantik bersama delapan Pj Gubernur lainnya. 

Menteri Tito Karnavian berpesan kepada Penjabat yang telah dilantik agar menjalankan tugas dan amanah dari negara dengan penuh tanggung jawab. “Amanah ini tolong dijaga, jalankan pemerintahan dengan sebaik-baiknya,” pesannya usai melantik Pj Gubernur. 

 Lanjut dia, sejumlah tantangan bakal dihadapi Pj Gubernur yang baru dilantik. Diantaranya yakni menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. “Pada tahun tahun politik ini, Pj Gubernur harus mengambil posisi netral tidak pada posisi politik praktis,” kata Menteri Tito. 

 Menteri Tito juga meminta semua pihak di daerah untuk mendukung penjabat gubernur yang telah dilantik. Itu penting dalam rangka mendukung tugas Gubernur dalam menjalankan roda pemerintahan terutama dalam menggalakan pembangunan daerah dan mensukseskan Pemilu 2024.

 “Kepada semua pihak mari kita dukung penjabat yang sudah dilantik agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujarnya. 

 Pada kesempatan yang sama, Sekda Provinsi Sultra, Asrun Lio mengatakan siap untuk melaksanakan pendampingan kepada Pj Gubernur dalam membangun daerah. “Tentu kehadiran Pj Gubernur kita harus dukung,” ujarnya. 

 Menurutnya, kehadiran Pj Gubernur adalah harapan baru bagi masyarakat dan daerah. Pasalnya, Gubernur adalah pimpinan daerah dan akan menjadi pengayom, pelindung, pembina dan penggerak semua elemen didaerah. “Kita harus bersatu untuk mendukung Pj Gubernur melanjutkan pembangunan di Provinsi Sulawesi Tenggara,” kata Asrun Lio. 

 Senada, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh mendukung penuh kehadiran Pj Gubernur Andap Budhi Revianto. Menurutnya, Andap adalah sosok yang tepat untuk memimpin Sultra sebelum hadirnya Gubernur definitif hasil pemilu 2024 mendatang.  “Kita harus salin mendunkung sesama anak bangsa. Mari kia sama-sama membangun daerah ini agar menjadi lebih baik kedepannya,” kata Abdurrahman Saleh. 

 Sekedar informasi, Selain Andap, Menteri Tito Karnavian juha melantik sebanyak sembilan Pj Gubernur untuk menggantikan Gubernur yang habis masa jabatannya pada 5 September 2023.  

Mereka yang dilantik yakni Bey Machmudin (Pj Gubernur Jawa Barat), Nana Sudjana (Pj Gubernur Jawa Tengah), Hasanuddin (Pj Gubernur Sumatera Utara), Sang Made Mahendra (Pj Gubernur Bali), Ridwan Rumusukun (Pj Gubernur Papua), Ayodhia Kalake (Pj Gubernur NTT), Harrison Azroi (Pj Gubernur Kalimantan Barat) dan Bahtiar Baharuddin (Pj Gubernur Sulawesi Selatan). (ags/kn)

Tinggalkan Balasan