Unsultra Kampus Seksi, Go Internasional

KENDARINEWS.COM–Eksistensi Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) dalam komando Rektor Prof. Dr. H. Andi Bahrun, M.Sc., Agric, menunjukan peningkatan signifikan. Selain merambah skala nasonal, Unsultra juga menyasar kerjasama di level internasional

Buktinya, kampus dengan slogan Seksi (Santun dan beretika, Elok dan nyaman, Kreatif dan Inovatif, Sejahtera dan harmonis, Idaman dan berdaya saing) itu menjalin kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi terkemukan di dunia.

Hal itu sesuai misi yang telah digaungkan Prof.Andi Bahrun yakni Unsultra In Global Action, Dream to Become a Future University. Kampus dengan slogan Seksi (Santun dan beretika, Elok dan nyaman, Kreatif dan Inovatif, Sejahtera dan Harmonis, Idaman dan berdaya saing) itu menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi (PT) diberbagai negara. Unsultra menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan perguruan tinggi dari Turki.

Baru-baru ini, Prof. Andi Bahrun, berkunjung ke Uzbekistan untuk menjalin kerja sama dengan beberapa universitas di sana. “Dalam waktu dekat, kami akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa universitas dalam negeri dan luar negeri. Draft MoU sedang dimatangkan. Mohon doa dan dukungannya,” ujar Prof.Andi Bahrun saat bincang santai dengan manajemen Kendari Pos (grop kendarinews.com) di ruang kerjanya, Sabtu (5/8), lalu.

Rektor Prof.Andi Bahrun menjelaskan, kerja sama dengan berbagai pihak, baik universitas, pemerintah daerah (pemda) hingga pihak swasta untuk mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Saya berharap dengan adanya kolaborasi ini, kualitas pendidikan di Unsultra ke depannya semakin meningkat seiring dengan banyaknya tantangan yang kita hadapi pada masa revolusi industri 4.0 dan 5.0 dan memperkuat daya saing kampus bertagline Seksi ini baik nasional maupun internasional,” imbuh Prof.Andi Bahrun.

Selain kerja sama dengan perguruan tinggi, Unsultra menjalin kerja sama dengan pemda di Sultra dan pihak swasta termasuk Platform Cakap Indonesia dan Rotary Internasional di Australia.

Rektor Prof.Andi Bahrun menyebut selain memperluas kerja sama pihaknya juga menggelar workshop kurikulum, seminar nasional dan internasional, joint research, publikasi dan lain sebagainya.

“Hal itu kami lakukan demi merespons berbagai dinamika, ekspektasi pemerintah dan masyarakat, semangat sivitas akademika dan berbagai tantangan di era disrupsi. Tekad kami adalah menghadirkan solusi dan alumni yang unggul serta membuat bangga masyarakat dan Unsultra,” tegas Prof.Andi Bahrun.

Sejak tahun lalu, Unsultra menggelorakan Unsultra In Global Action, Dream to Become a Future University. Oleh karena itu, pada Dies Natalis ke 37 Unsultra tahun 2023 ini mengangkat tema adaptasi, inovasi dan kolaborasi di era digital

“Kami sungguh-sungguh menyadari untuk melakukan lompatan pencapaian di bidang tridharma tertinggi dan peningkatan indeks kinerja utama serta melahirkan lulusan yang profesional, unggul di era disrupsi Unsultra khususnya sivitas akademikanya maka harus memiliki kemampuan adaptasi, inovasi, kolaborasi dan literasi digital,” jelas Prof.Andi Bahrun

Saat ini Unsultra mendorong mahasiswa agar selalu kreatif, inovatif dan aktif menggelar berbagai kegiatan terkait kemampuan bidang penalaran, kepemimpinan, kewirausahaan, kemampuan berbahasa asing, minat dan bakat serta kegiatan spiritual

“Tujuannya, ketika menjadi alumni nanti, mahasiswa tersebut bisa menjadi generasi unggul yang dapat bekerja dengan gaji layak. Oleh karena itu kami menggeorakan tiada hari tanpa inovasi,” tambah Prof. Andi Bahrun.

Di tempat yang sama, Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin mengungkapkan Kendari Pos selalu mendukung inovasi yang digelorakan Rektor Unsultra, Prof.Andi Bahrun. “Kendari Pos siap untuk mendukung inovasi rektor termasuk dalam mempublikasikan kegiatan maupun prestasi dari Unsultra,” ujarnya. (win/kn)

Tinggalkan Balasan