Menciptakan RTH dan Spot Wisata Baru

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari sedang melaksanakan program penataan Kali Kadia. Kawasan tersebut digagas, menjadi ruang terbuka hijau (RTH) sekaligus menjadi spot wisata baru.

Akhir pekan lalu, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu memimpin jajarannya, melaksanakan aksi kerja bakti di kawasan Kali Kadia. Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot bergotong royong membersihkan kawasan tersebut.

Suasana pembersihan Kali Kadia.

Asmawa Tosepu menjelaskan, aksi bersih kawasan Kali Kadia merupakan, tindak lanjut dari pembongkaran mandiri yang dilakukan oleh pedagang beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah dengan kesadaran tinggi masyarakat membongkar lapaknya. Kemudian, kita lanjutkan dengan pembangunan dan penataan Kali Kadia ini,” ungkap Asmawa.

Lanjut dia, penataan Kali Kadia saat ini tengah berlangsung. Penataan dilakukan oleh Dinas PUPR Kota Kendari dengan fokus pekerjaan pada pedistrian Kali Kadia.

“Kami ingin menjadikan Kali Kadia ini menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Ini cita-cita bersama kami di pemerintahan kota. Alhamdulillah mendapat dukungan dari berbagai stakeholder, Forkopimda dan masyarakat,” terangnya.

Asmawa Tosepu memantau langsung proses pembersihan sampah di Kawasan Kali Kadia.

Asmawa yakin, jika program penataan ini berhasil, maka kawasan Kali Kadia bisa menjadi spot wisata baru di Kota Kendari. Bahkan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi icon baru daerah.

“Saya harap dukungan dari seluruh warga, mari sama-sama kita bangun Kali Kadia ini sebagai suatu RTH di Kota Kendari,” ujarnya.

Asmawa Tosepu didampingi Kepala Dinas PUPR, Erlis Sadya Kencana memantau ASN dan masyarakat saat aksi bersih di Kawasan Kali Kadia.

Kepala Biro Umum Kemendagri ini menambahkan, kawasan Kali Kadia ini nantinya menjadi salah satu tempat mengadakan iven khusus, yang bisa dinikmati masyarakat maupun pengunjung yang datang di Kota Lulo. (ags/adv)

Tinggalkan Balasan