Bidik 2 Kursi DPR RI, Pengamat: PAN Konsisten Mengirim Kader ke Senayan

KENDARINEWS.COM—Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional Sulawesi Tenggara (PAN Sultra) konsisten mematangkan persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Salah satunya persiapan pertarungan Pemilihan Legislatif DPR RI. Sebanyak 6 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Daerah Pemilihan (Dapil) Sultra resmi didaftarkan DPP PAN di KPU Pusat. 

Sekretaris DPW PAN Sultra Sukarman mengaku optimis 6 Bacaleg yang diusung dapat meraih 2 kursi. Alasannya, kata dia, konfigurasi kader yang diusung merupakan tokoh besar yang memiliki elektabilitas dan pengaruh besar di tengah masyarakat. 

“Para bacaleg PAN juga mewakili semua kalangan, ada yang dari kaum perempuan, etnis maupun tokoh daratan hingga kepulauan. Ini komposis komplit merengkuh 2 kursi di senayan,” kata Sukarman, Minggu (25/6).

Meski begitu, kata dia, optimisme meraih 2 kursi perlu kerja keras nan cerdas dari masing-masing para figur yang diusung. Tidak hanya mengandalkan bagaimana menyapa secara ekslusif masyarakat, tetapi bagaimana bisa membawa asa gagasan atau ide cemerlang untuk perubahan yang lebih maju untuk rakyat maupun daerah. 

“Dari waktu yang tersisa menuju Pemilu 2024, para bacaleg mesti benar-benar mengoptimalkan kemampuan agar bisa merebut simpati rakyat. Tentu dari masing-masing bacaleg wajib berkoordinasi dengan baik agar tidak tumpang tindih saat turun ke lapangan. Tak kalah penting yakni menjunjung tinggi kekompakan dan saling bersinergi,” imbau Sukarman. 

Mantan anggota DPRD Sultra itu juga meminta kepada masyarakat khususnya para pemilih agar benar-benar cerdas dan tepat dalam memilih figur. Pilihan masyarakat sangat menentukan seperti apa pembangunan dan kesejahteraan di Sultra ke depan.

“Ini penting untuk diingatkan kepada masyarakat, agar tidak salah pilih yang nantinya bisa berdampak buruk bagi keberlanjutan pembangunan di Sultra. Masyarakat harus benar-benar cerdas dan jelih dalam menentukan figur yang tepat,” tandasnya. 

Terpisah, pengamat politik Sultra Dr. Najib Husain mengatakan, komposisi figur PAN yang didorong bertarung di DPR RI, sangat potensial untuk merengkuh 2 kursi. Ada beberapa nama yang memiliki basis suara yang besar dan jelas. Diantaranya, Abdurrahman Shaleh selaku Ketua DPW PAN Sultra dan Titin Nurbaya Saranani yang notabene istri dari Bupati Konawe Kerry Saiful Konggoasa. 

“Abdurrahman Shaleh yang telah berpengalaman sebagai legislator mulai di DPRD Kota Kendari hingga DPRD Sultra memiliki basis suara yang jelas. Tidak hanya di Kota Kendari, tetapi bagian Kolaka Raya juga punya kekuatan mumpuni,” kata Dr. Najib Husain Minggu (25/6). 

Lanjut dia, meski Kerry Saiful Konggoasa telah minggat dari PAN, namun pendukungnya di tubuh internal PAN masih begitu kuat. Hal itu akan menjadi poin tersendiri bagi Titin Nurbaya Saranani yang muaranya sebagian besar para pendukung militan Kerry Saiful Konggoasa akan menjadi bagian dari basis suara saat Pemilu nanti. 

“Dari dua figur saja tersebut menggambarkan kekuatan PAN yang begitu besar. Optimisme mereka meraih dua kursi bisa saja terjadi. Atau realistis 1 kursi sangat berpotensi diraih,” tandas Najib Husain. (ali/kn).

Tinggalkan Balasan