Dinas Perpustakaan Sosialisasi Program Kemitraan Jurnalis dan Media Massa

–Kendari Pos Kandidat Penerima Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka

KENDARINEWS.COM–Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Kendari  kini lagi mendorong usulan calon penerima Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka yang bakal digelar oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesi (RI) tahun ini.

Bahkan untuk memasifkan informasi tersebut, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Kendari yang diwakili Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Minat Baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Kendari, Arniaty DK bersama pejabat Dinas Perpustakaan lainya menyambangi  Kendari Pos.

“Kehadiran kami untuk membuat program kemitraan jurnalis dan media massa. Kebetulan kami mencari media yang bisa masuk kategori untuk dinobatkan penghargaan berupa Nugra Jasa Dharma Pustaloka. Karena untuk jurnalis dan media belum ada yang daftar dari Kota Kendari. Mengingat ini juga baru kami usulkan dan kami berharap Kendari Pos dapat memenuhi kriteria yang ada,”ujarnya.

Dijelaskan, tentunya penghargaan yang diberikan Perpustakaan Nasional
RI sebagai bentuk apresiasi kepada komponen masyarakat yang
terdiri dari pegiat literasi, pejabat publik, masyarakat, jurnalis, media masa serta lifetime achievement yang secara aktif terlibat dalam mendayagunakan perpustakaan dan mengupayakan pembudayaan kegemaran
membaca di masyarakat.

Pemberian penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka akan dilaksanakan pada bulan September 2023 pada rangkaian acara Gemilang Perpustakaan Nasional.

“Data dan kelengkapan berkas calon penerima penghargaan diterima sebelum 30 Juni 2023 dengan cara mengisi tautan pendaftaran dan mengirimkan buku/karya
lainnya sebagai data dukung fisik (jika ada) ke Pusat Analisis Perpustakaan dan
Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional RI,”jelasnya.

Dia menambahkan, untuk link masing-masing kategori tentu berbeda-beda. Dimana kategori pegiat literasi data penerima penghargaan diisi dengan membuka tautan . Selanjutnya kategori pejabat publik linknya yakni ,
kategori masyarakat dapat mengisi link.

Kemudian kategori jurnalis dapat mengisi link,, kategori media masa dapat membuka linkdan
kategori lifetime achievement dapat mengisi link

“Beragam penerima dari  kategori ini bakal dipilih sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan,”ucapnya.

Menurutnya, tentu bagi Kendari Pos literasi bukan hal baru. Apalagi bagi jurnalis atau rekan-rekan media, kemampuan teman- teman dalam membuat literasi  tentu harus baik dalam segala aspek,  sebab bila literasinya kurang maka hoax nya juga bisa tinggi.

“Disini kita lihat bagaimana keberpihakan media terhadap pengembangan perpustakaan melalui tulisan dan publikasinya. Sebab keterlibatan media sangat penting, bila  literasi tidak dibarengi dengan informasi yang falid ini akan menjadi momok juga untuk teman-teman yang bergiat di media sosial dan teman-teman lain penggiat literasi,”bebernya

Ia pun berharap kedepan selain melalui penganugrahan ini,  bakal ada Kerjasama lainya antara Kendari Pos dan Dinas Perpustakaan dan  Kearsipan daerah Kota Kendari. “Mungkin kedepan bakal ada program- program lanjutan bersama Kendari Pos,”harapnya.

Sementara itu, Direktur Kendari Pos,Irwan Zainuddin menyambut baik kehadiran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Kendari.

“Tentu kami Kendari Pos sangat menyambut baik bila ada yang ingin menjalin kemitraan. Kami sebagai media rujukan di Sultra  selalu menyuguhkan sajian informasi yang update dan aktual setiap harinya. Sebab, diera perubahan zaman saat ini semua harus terus berinovasi. Bukan saja dalam pemberitaan namun juga dalam memperluas kemitraan,”ucapnya.

Tentu, untuk tawaran terkait penganugrahan, pihaknya bakal melakukan rapat dan mempelajari secara detail terkait apa-apa saja yang menjadi kriteria dalam kategori yang ada. “Kami tentu akan lihat detail kriterianya dan bila memungkinkan kita akan ambil bagian dan memenuhi syarat yang diajukan,”pungkasnya. (rah/kn)

Tinggalkan Balasan