Ali Mazi Ditemui Senator Negara Bagian Hawai

KENDARINEWS.COM — Gubernur Sultra Ali Mazi kedatangan tamu istimewa dari negeri Paman Sam. Senator Negara Bagian Hawaii Amerika Serikat Cristoper Kalani Cusman menemui Ali Mazi di Rumah Jabatan Gubernur, Minggu (18/6). Ali Mazi berterima kasih kepada Cristoper Kalani Cusman yang telah berkunjung ke Bumi Anoa.

“Sultra memiliki beragam potensinya yang telah menarik banyak perhatian dunia Internasional,” buka Ali Mazi, memulai diskusi. Katanya, Sultra merupakan daerah yang berciri kepualuan dengan beragam kekayaan alam dan sumber daya alam, baik yang ada di daratan maupun kepulauan. Selain itu, terdiri dari berbagai sektor perekonomian yakni pertanian, pertambangan, kelautan dan perikanan serta pariwisata.

Senator Negara Bagian Hawaii Amerika Serikat Cristoper Kalani Cusman (kanan) menemui Ali Mazi (kiri) di Rumah Jabatan Gubernur, Minggu (18/6)

“Mengenai pariwisata hampir seluruh daerah di Sultra memiliki pariwisata. Salah satunya destinasi terumbu karang yang berada di Wakatobi. Destinasi ini masuk dalam sepuluh besar destinasi pariwisata di dunia. Selain itu, Sultra juga memiliki aspal yang berada di Buton, serta pertambangan nikel,”bebernya.

Komitmen dalam menyukseskan kebijakan pembangunan daerah di Sultra, ia mengaku terus berupaya membangun kerjasama dengan seluruh stakeholder terkait, baik yang ada di daerah, regional, nasional maupun internasional. “Semoga dengan adanya kunjungan di Sultra, bisa menjadi referensi bagi bapak senator dalam melaksanakan kegiatan di Sultra. Sehingga memunculkan ide gagasan untuk membangun kerja sama antara negara yang saling menguntungkan, khusunya dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam di Sultra,”harapnya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi (lima kanan), bersama jajaran Pemprov Sultra dan Senator Negara Bagian Hawaii, Cristopher Kalani (empat kanan) foto bersama pada malam ramah tamah di rumah jabatan Gubernur Sultra

Sementara itu, Senator Negara Bagian Hawaii, Amerika Serikat, Cristopher Kalani Cushman mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Ali Mazi dan pihak-pihak terkait atas keramah tamahannya dan telah menerima kunjungannya di Sultra. “Kunjungan ini bisa membuat kerja sama antara Sultra dan Hawai. Saya berada di sini juga merupakan salah satu program Amerika Serikat dengan negara-negara di pasifik untuk saling belajar satu sama lain, dalam mempelajari hukum, adat istiadat dan juga isu perikanan”, ungkapnya.

Cristoper menyampaikan pekerja yang berada di Hawai memiliki masalah yang sama dengan pekerja yang berada di Indonesia yaitu mengenai nelayan dan perikanan. “Saya mengetahaui bahwa Sultra memiliki potensi alam yang luar biasa. Kunjungan ini merupakan salah satu cara untuk saling belajar dalam berbagai hal untuk kemajuan bersama secara berkelanjutan,”ujarnya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi (kiri, kacamata) berbincang dengan Senator Negara Bagian Hawaii, Cristopher Kalani (tiga kanan).

Ia melihat Sultra begitu menarik, sebab Sultra merupakan penghasil Kopi, cokelat atau kakao. Padahal, Hawaii merupakan negara yang terkenal akan produk coklatnya. “Tetapi Hawaii tidak punya perkebunan yang cukup besar untuk cokelat. Mungkin dengan kunjungan ini bisa ada kolaborasi yang lebih jauh lagi antara Sultra dan Hawaii untuk memproduksi cokelat. Tentu saya akan kembali lagi ke Sultra untuk menjalin kerjasama tersebut,”pungkasnya. (adv)

Tinggalkan Balasan