169.985 Warga Konawe Masuk Daftar Pemilih

KENDARINEWS.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe terus melakukan pemutakhiran daftar pemilih jelang pemilu 2024. Tercatat, 169.985 warga Konawe masuk sebagai daftar pemilih. Jumlah itu, termasuk penambahan 185 pemilih baru yang tercatat hingga akhir Juni 2022.

Koordinator Divisi (Kordiv) Teknis KPU Konawe, Armanto mengatakan, pihaknya terus melakukan pemutakhiran data pemilih di Konawe secara kontinyu. Proses itu dilakukan lewat koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk menyinkronkan data penduduk di Konawe yang memenuhi syarat sebagai wajib pilih. “Selama kurun waktu dua tahun terakhir, kita terus melakukan koordinasi dan pemutakhiran daftar pemilih. Pemutakhiran ini kita lakukan agar data pemilih kita tetap selalu terpelihara. Perkembangannya pun akan selalu terpantau,” ujar Armanto, Rabu (13/7).

Selain di Disdukcapil Konawe, Armanto menuturkan, lembaganya juga intens melakukan koordinasi dengan pihak SMA/SMK se-Konawe guna mengetahui pelajar yang telah berusia 17 tahun alias memenuhi syarat sebagai wajib pilih. Pihaknya pun berencana untuk memberikan surat suara kepada pemilih pemula tersebut untuk menyalurkan hak pilihnya pada pesta demokrasi tahun 2024 mendatang. “Surat itu nantinya akan menjadi warning terhadap one man, one vote, one value. Artinya, satu suara sangat bernilai untuk menentukan masa depan indonesia kedepannya,” ungkapnya. (adi/b).

Tinggalkan Balasan