109 Ribu Anak di Kendari Miliki Kartu Identitas Diri

KENDARINEWS.COM–111.508 anak menjadi sasaran kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) dan sebanyak 109.284 diantaranya telah mengantonginya. Itu berarti sudah 97 persen realisasi kepemilikannya.

Kepala Disdukcapil Kota Kendari, Iswanto Dongge mengatakan pencetakan KIA di Kota Lulo telah melebihi target nasional. Pencapaian ini tak lepas dari kerja keras semua pihak terkhusus petugas lapangan yang rutin melaksanakan jemput bola (perekaman langsung) baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

“Petugas rutin melakukn jemput bola ke sekolah-sekolah. Sejauh ini, sebanyak 109.284 keping KIA yang telah dicetak. Tahun ini, kami menargetkan semua anak telah memiliki KIA,” ujar Iswanto Dongge saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/7).

Program KIA kata dia menunjukkan negara hadir memuliakan dan mendorong kemandirian anak. Selain itu, memberikan perlakuan non diskriminatif karena anak memiliki kartu identitas sendiri sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

“Kartu identitas ini sangat banyak manfaatnya. Jika sudah terdata, secara otomatis identitas anak terkoneksi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) khusus bagi pelajar,” ujarnya

Di sisi lain, keberadaan KIA juga untuk meminimalisir potensi kesalahan penulisan ijazah peserta didik. Pasalnya, untuk penulisannya sekolah bisa berpatokan pada KIA. Tidak hanya itu, kepemilikan KIA dapat membantu anak jika ingin memiliki tabungan di perbankan, kepesertaan BPJS dan untuk keperluan klaim asuransi bagi keluarga yang memiliki jaminan sosial dengan pihak ketiga.

“Intinya kepemilikan KIA ini sangat penting bagi anak-anak. Olehnya itu kami terus berupaya agar anak-anak di Kendari ini harus memiliki KIA,” pungkasnya. (kn)

Tinggalkan Balasan