oleh

Pemkab Konawe Salurkan BPNT untuk 7.000 KPM

-Konawe-68 Dilihat


KENDARINEWS.COM — Penyaluran bantuan pangan non tunai (BPNT) tahap pertama di Konawe, baru saja dituntaskan. Sekira 7.000-an warga di otorita Bupati, Kery Saiful Konggoasa itu telah mencairkan BPNT untuk periode Januari-Maret 2022 sebesar Rp 600.000 tiap keluarga penerima manfaat (KPM). Penyaluran BPNT dilakukan lewat Kantor Pos yang tersebar pada masing-masing wilayah kecamatan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Konawe, Agus Suyono,mengatakan, sesuai pertimbangan Kementerian Sosial (Kemensos) RI, mekanisme penyaluran BPNT dilakukan melalui Kantor Pos terdekat. Katanya, bantuan sosial (Bansos) tersebut diperuntukkan bagi kebutuhan belanja pangan warga penerima. Seperti beras, telur, maupun bahan pangan lainnya.

“Artinya, KPM tidak boleh membelanjakan diluar kebutuhan pangan. Tapi mereka boleh berbelanja di mana saja, tak mesti lewat e-Warung,” ujar Agus Suyono, Selasa (22/4). Kendati demikian, Agus Suyono menuturkan, dalam petunjuk teknis (Juknis) penyaluran BPNT, mekanisme pembelanjaan lewat e-Warung tetap mesti diperhatikan. Apalagi, bahan pangan berkualitas dan terjamin telah disiapkan pengelola yang telah ditunjuk Kemensos RI.

Namun lanjut mantan Kepala SMPN 1 Wawotobi itu, tak ada pemaksaan bagi KPM penerima BPNT berbelanja di e-warung yang telah disediakan. Pihaknya memastikan khusus di Konawe, KPM dapat berbelanja di mana saja. “Jika para KPM menemukan di tempat lain bahan pangan yang dibutuhkan, silahkan belanja di situ. Adapun sudah terpenuhi kebutuhan pangannya sementara masih ada kebutuhan lain, maka itu diperbolehkan. Tetapi bukan untuk beli rokok, pulsa dan sebagainya,” pungkas Agus Suyono. (b/adi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed