Kolaka

Zona Hijau, Safari Ramadan Pemkab Kolaka Dimulai Hari Ini

KENDARINEWS.COM — Setelah sempat ditiadakan pada tahun lalu karena pandemi Covid-19, kegiatan safari Ramadan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka kembali digelar tahun ini. Berdasarkan jadwal, safari tersebut mulai akan dilakukan akhir pekan ini. “Jadi kegiatan safari Ramadan kita mulai Sabtu 17 April 2021 di Kecamatan Watubangga dan Toari. Kegiatan ini berlangsung hingga 3 Mei 2021 mendatang di Kecamatan Kolaka,” ungkap Kabag Kesra Setda Kolaka, Andi Pangoriseng saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (16/4).

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pariwisata Kolaka tersebut menjelaskan, pelaksanaan Safari Ramadan kali sama seperti dengan pelaksanaan sebelumnya. Bupati, H. Ahmad Safei dan Wakil Bupati, H. Muhammad Jayadin serta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forkopimda berbagi tugas untuk mengunjungi seluruh desa dan kelurahan yang ada pada tiap kecamatan dalam sehari.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan di seluruh kecamatan. Jadi semua desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Kolaka nanti akan didatangi Tim Safari Ramadan dan sudah dibagi tugasnya,” jelasnya. Ia menambahkan, pada kegiatan tersebut tim juga akan memberikan santunan kepada kaum duafa serta warga yang penghasilannya terdampak Covid-19. “Santunan ini diberikan berdasarkan data dari Pemerintah Desa atau lurah setempat,” tuturnya.

Terkait alasan dilaksanakannya kembali kegaitan Safari Ramadan di tengah pandemi Covid-19, Andi Pangoriseng mengatakan, hal itu dilakukan karena Bumi Mekongga masuk dalam zona hijau penyebaran Covid-19. “Jadi pantauan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Kolaka ini hampir tiap hari sudah tidak ada lagi penambahan kasus. Selain itu, masyarakat juga sudah mulai paham tentang protokol kesehatan (Prokes),” ujarnya.

Andi Pangoriseng mengatakan, dalam safari Ramadan tersebut tim sekaligus akan memantau dan mengevaluasi penerapan Prokes di pelosok. “Melalui kegiatan safari ini juga harapkan penyebaran keagamaan secara menyeluruh bisa lebih optimal,” harapnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top