Wujudkan Layanan Publik Terpadu, Pemkot Kendari Launching Aplikasi New Laika

KENDARINEWS.COM–Layanan publik berbasis digital di Kota Kendari cukup banyak. Diantaranya, ada Aplikasi Jaga Kendari (JARI), Layanan Perizinan Digital, dan Cek PBB (Pajak Bumi Bangunan). Agar mudah diakses warga, Pemkot Kendari menggabungkan seluruh layanan dalam sebuah Aplikasi yang dilabeli Layanan Publik Integrasi Kendari (Laika).

Sekot Kendari, Nahwa Umar mengungkap, Aplikasi Laika sebelumnya sudah dihadirkan pemkot sejak beberapa tahun lalu. Hanya saja tahun ini, pihaknya mengupgrade aplikasi dengan menambahkan beberapa layanan digital lainnya.

Tampak layanan Aplikasi New Laika yang dilaunching Pemkot Kendari beberapa waktu lalu. Hadirnya aplikasi laika untuk memudahkan masyarakat mengakses berbagai layanan Pemkot Kendari terutama layanan adminduk. 

Sebelumnya, dalam Aplikasi Laika hanya terdapat beberapa layanan diantaranya layanan pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk) dan persuratan untuk Kecamatan dan Kelurahan. Sementara saat ini sudah ditambah dengan layanan Jari, perizinan DPM-PTSP, cek PBB, Damkar (Pemadam Kebakaran), BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan), dan layanan Ambulans.

“Semua layanan itu sudah tersedia dalam satu aplikasi Laika. Dalam Laika sudah tersedia semua fitur-fiturnya warga tinggal klik saja kalau membutuhkan layanan, karena semua sudah terkoneksi dengan OPD (Organisasi Perangkat) terkait dan akan langsung direspon,” ungkap Nahwa Umar.

Untuk mendapatkan aplikasi Laika, kata Nahwa, masyarakat bisa mengunduh melalui Google Play Store dengan mensearch Laika atau mengklik link https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.kotakendari.laika. “Usai diluncurkan, rencananya layanan ini akan kami sosialisasikan kepada masyarakat di kecamatan dan kelurahan,” kata Nahwa Umar. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *