Buton

Wujudkan Keluarga Sejahtera, BKKBN Buton Gelar Pencanangan MKJP

KENDARINES.COM — Program Keluarga Berencana (KB) merupakan satu instrumen penting dalam upaya menekan laju pertumbuhan penduduk. Penggunaan alat kontrasepsi bagi keluarga dianjurkan pemerintah dan diatur dalam undang-undang. Di Kabupaten Buton, pelayanan keluarga berencana dengan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) tahun 2021 resmi dicanangkan. Pemerintah Kabupaten Buton melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Buton menggelar pencanangan MKJP itu di gedung Wakaaka, Pasarwajo.

Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, menjelaskan, anggaran MKJP bersumber dari Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) dalam bentuk DAK non fisik subbidang KB tahun anggaran 2021. Program itu bisa menjadi stimulus dalam rangka pengendalian penduduk dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

“Pelayanan MKJP ini bertujuan untuk mencari pasangan usia subur, sehingga mereka bisa diedukasi untuk berkeluarga dengan baik. Ini juga akan berdampak pada pengendalian penduduk. Begitu juga dengan kesejahteraan mereka,” katanya, kemarin. Diakuinya, dukungan seluruh stekholder demi meningkatkan capaian pelaksanaan program keluarga berkualitas ini sangat dibutuhkan. Sehingga setiap keluarga bisa melakukan pengaturan kelahiran anak, jarak dan usia ideal dalam bersalin. “Dengan ini saya berharap, MKJP bisa menjawab tantangan pelayanan KB dan mendorong tercapainya sasaran prioritas dalam program ini,” harapnya.

Usai membuka acara tersebut, mantan anggota legislatif Buton itu juga menyerahkan piagam penghargaan kepada para penyuluh KB yang berprestasi. Kepada mereka, Wabup mengucapkan selamat dan apresiasinya. “Selamat dan semoga kinerjanya semakin baik ke depannya,” tutupnya dalam kegiatan yang turut dihadiri Sekretaris BKKBN Sultra, H. Jamaludin. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top