HEADLINE NEWS

Waspada ! Gelombang di Perairan Timur Kendari Capai 4 Meter, Tiga Kecamatan Berpotensi Hujan Lebat

KENDARINEWS.COM — Armada pelayaran harus lebih hati-hati. Saat ini, kondisi perairan wilayah Kota Kendari kurang bersahabat. Perubahan angin musim dari muson Barat ke muson Timur memicu gelombang tinggi. Dari hasil pemantuan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gelombang laut mencapai 4 meter. Kepala Stasiun Meteorologi Maritim (Stamar) Kendari, Sugeng Widarko mengimbau para pelaku pelayaran maupun nelayan agar waspada saat beraktifitas di perairan Timur Kota Kendari. Pasalnya, tinggi gelombang di kawasan tersebut diprediksi bisa mencapai 2,5 meter hingga 4 meter.

“Inikan memasuki musim timur, tentunya gelombang laut di perairan kita itu mulai naik dan puncaknya di Juni dan Juli. Sekarang Mei mulai naik, prediksi kita sampai 10 hari ke depan,” kata Sugeng Widarko. Selain meningkatnya tinggi gelombang air laut, perubahan angin muson dari barat ke timur juga memicu curah hujan yang tinggi di Kota Kendari pada Mei hingga Juni 2021 mendatang. Pihaknya mempredikisikan, Kota Kendari berpeluang diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

“Curah hujan tinggi berpotensi terjadi di tiga kecamatan yakni Baruga, Poasia, dan Abeli. Namun, tidak menutup kemungkinan hujan juga akan mengguyur beberapa wilayah lainnya seperti di Kecamatan Mandonga, Puuwatu dan Kendari,” kata Sugeng. Kondisi tersebut, lanjut dia, juga berpeluang menimbulkan bencana banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah kecamatan di Kota Kendari. “Berdasarkan data statistik kami, banjir dan longsor sering terjadi pada Mei – Juni. Paling sering di bulan Juni. Saat itu curah hujan sangat tinggi yang menyebabkan luapan beberapa sungai seperti Wanggu. Untuk longsor yang disebabkan curah hujan tinggi itu berpeluang terjadi pada wilayah perbukitan atau lereng seperti di Puuwatu, Mandonga dan Kampung Salo (Kecamatan Kendari),” ungkap Sugeng.

Oleh karena itu, Sugeng mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap fenomena perubahan musim yang terjadi saat ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan mengupdate informasi terkait kondisi cuaca terkini di Kota Kendari melalui website signaturebmkg.go.id. “Disitu bisa dilihat potensi kondisi cuaca Kota Kendari dan umumnya Sultra,” pungkasnya. (ags)

Curah Hujan Tinggi
-Baruga
-Poasia
-Abeli

Potensi Longsor
-Puuwatu
-Mandonga
-Kendari Barat
-Kendari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top