HEADLINE NEWS

Waspada DBD ! 16 Orang Dirawat di RSBG Kolaka

KENDADRINEWS.COM — Kasus demam berdarah dengue (DBD) masih saja terjadi di sejumlah daerah, tak terkecuali di Kabupaten Kolaka. Berdasarkan data yang diperoleh dari Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) Kolaka, jumlah warga Bumi Mekongga yang dirawat di rumah sakit tersebut selama tahun 2021 ini berjumlah 16 orang. Rinciannya, dua orang di Bulan Januari, satu orang di Bulan Februari, enam orang di Bulan Maret, dan untuk April hingga Kamis (15/4), berjumlah tujuh orang.

Kepala Bidang Kepala bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka, dr. Muhammad Aris, mengungkapkan, di tengah kesibukan melakukan penanganan Covid-19, pihaknya juga tetap melakukan upaya pencegahan DBD. Salah satu upaya yang dilakukan dengan giat bersosialisasi. “Sosialiasi DBD di tingkat Puskesmas terus kami lakukan,” bebernya. Kata Aris, inti dari pencegahan DBD adalah menjaga kebersihan lingkungan di tengah masyarakat. Untuk itu, dalam sosialisasi pihaknya selalu mengingatkan warga untuk melaksanakan gerakan 3 M yaitu mengubur, menguras, dan menutup.

“3 M dengan mengubur atau membalik benda-benda yang berpotensi terisi air ketika hujan yang bisa ditempati nyamuk berkembang biak. Kemudian M berikutnya menguras bak mandi atau tempat air minimal sekali seminggu serta menutup tempat-tempat air di rumah,” bebernya. Agar pencegahan kasus DBD bisa lebih optimal, maka Aris meminta warga supaya tidak mengabaikan imbauan gerakan 3 M tersebut. Apalagi kata dia, saat ini curah hujan cukup tinggi dimana potensi berkembangbiaknya nyamuk juga cukup tinggi. “Jadi tidak ada cara lain selain menjaga kebersihan dan menggalakkan gerakan 3 M,” ulangnya, mengingatkan. (b/fad)

Penderita DBD yang dirawat di RSBG Kolaka :

  • Januari : 2 pasien
  • Februari : 1 pasien
  • Maret : 6 pasien
  • April sampai kemarin : 7 pasien
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru


To Top