Metro Kendari

Warga Diminta Tak Kendor Terapkan Prokes

KENDARINEWS.COM — Jumlah warga yang terpapar Covid-19 di Kota Kendari mengalami tren menurun. Namun demikian, Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir tetap mengingatkan warga agar tak kendor menerapkan protokol kesehatan. Dia yakin jika masyarakat mematuhi prokes pandemi di Kota Kendari bisa segera berakhir.

“Penanganan wabah ini tidak hanya bisa mengandalkan peran dari pemerintah saja, namun diperlukan keterlibatan semua pihak salah satunya warga dalam penanganannya. Caranya adalah disiplin terapkan protokol kesehatan bagi setiap warga,” kata Sulkarnain, kemarin.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir saat mengecek sarana prokes di Pasar Baruga beberapa hari lalu. Dia meyakini jika masyarakat mematuhi prokes pandemi di Kota Kendari bisa segera berakhir

Ketua DPD PKS Kota Kendari ini optimis masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan, maka potensi penularan virus bisa diantisipasi sehingga kerja tenaga medis akan lebih ringan jika virus ini bisa dikendalikan dan diantisipasi bersama-sama. “Pemerintah sendiri melalui tim yustisi selalu melakukan operasi penerapan prokes, yang melanggar aturan diberi sanksi, tapi sifatnya memberikan edukasi agar saat berada di luar rumah tetap patuhi prokes,” kata Sulkarnain.

Sementara itu, Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kendari dr Algazali Amirullah mengungkapkan, selain terjadi penurunan jumlah warga yang terpapar setiap hari nya, disisi lain jumlah pasien sembuh mengalami peningkatan. Kata dia, sejak Rabu (9/11) hingga kemarin (11/12) tercatat ada tambahan 49 pasien hingga total pasien sembuh menjadi 3.258 orang dari 3.580 kasus.

“Berdasarkan data hari ini (kemarin), jumlah kasus Covid-19 di Kota Kendari sebanyak 3.580 kasus. Yang dinyatakan sembuh sebanyak 3.258 orang, meninggal dunia 45 orang dan masih dalam perawatan sebanyak 277 orang,” kata dr Al Ghazali.

Ia tak menampik jika kasus Covid-19, masih berpotensi bertambah setiap hari meskipun jumlahnya berfluktuasi, terkadang lebih banyak yang kasus baru dari pada yang sembuh, begitu pula sebaliknya. “Untuk itu butuh kesadaran semua pihak untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus ini, salah satunya dengan cara disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Pakai masker, rajin cuci tangan dan menjaga jarak aman,” pungkasnya. (b/ags)

Kasus Covid-19 di Kota Kendari
Jumat (11/12) Hingga Pukul 16.00 Wita
Positif 3.580 Kasus
Sembuh 3.258 Pasien
Perawatan 277 Pasien
Meninggal Dunia 45 Orang

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top