Metro Kendari

Warga Diedukasi Kelola Kampung Wisata

KENDARINEWS.COM — Kota Kendari punya destinasi wisata menarik. Sebut saja Pantai Nambo dan Kebun Raya Kendari. Selain itu, juga didukung oleh beberapa spot wisata sepeti kawasan Bungkutoko – Petoaha, RTH Talia, Jembatan Teluk, Kendari Beach, Kolam Retensi Sungai Wanggu, dan beberapa spot menarik lainnya. Melihat potensi itu, Pemkot meminta suluruh untuk berpartisipasi dalam pengelolaannya.

Sebagai bentuk dukungan, Pemkot menggelar pelatihan pengelolaan kampung wisata. Pesertanya adalah warga Kota Kendari yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), karang taruna, dan komunitas pariwisata yang dibina langsung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kendari.

Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran menyambut baik pelatihan yang diinisiasi oleh Disbudpar. Menurutnya, pelatihan itu sebagai upaya mendukung peningkatan kualitas destinasi pariwisata dan daya saing pariwisata daerah, meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas masyarakat lokal, serta perluasan kesempatan kerja di bidang pariwisata.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir memberi arahan kepada peserta pelatihan.

Pelatihan tersebut, bisa menjadi ajang untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah, baik ditingkat pusat dalam hal ini Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Pemerintah Kota Kendari dan tentunya dengan masyarakat sebagai pelaku langsung dalam upaya memajukan sektor Pariwisata.

“Saat ini dukungan pemerintah pusat maupun daerah melalui langkah-langkah kebijakan yang di ambil patut kita apresiasi. Bagaimana pun proses pembangunan harus terus di lakukan termasuk salah satu diantaranya pembangunan sektor pariwisata yang sangat memerlukan dukungan baik dari pemerintah terutama masyarakat. Olehnya, kami pemerintah mengapresiasi rekan-rekan telah ikut pelatihan,” kata Siska.

Seiring PPKM turun level, Pemkot Kendari memberi sedikit kelonggaran. Salah satunya dengan mengizinkan tempat wisata di Kota Kendari kembali dibuka. Kebun Raya Kendari kini bisa dikunjungi warga.

Politisi Partai Amanat Nasiona (PAN) Kendari ini berharap seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam pelatihan dapat berperan salam kemajuan pariwisata di Kota Kendari. “Peningkatan perekonomian kita, tidak bisa kita pungkiri salah satunya didorong oleh sektor pariwisata. Apalagi Kendari sebagai ibukota provinsi yang berfungsi sebagai etalase Sultra. Jadi saya harap kita semua nanti bisa bersinergi,” kata Siska Karina Imran. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top