HEADLINE NEWS

Warga Belum Patuh Terapkan Prokes Covid-19

KENDARINEWS.COM — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), terus melakukan razia masker. Sayangnya, masih banyak warga yang ketahuan kurang patuh dengan Peraturan Bupati Konkep (Perbup) 31 tahun 2020, tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan (Prokes) sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. Pasalnya, setiap personel Penegak Peraturan Daerah (Perda) itu melakukan razia masker, banyak masyarakat yang ikut terjaring.

Kepala Satuan (Kasatpol PP) Konkep, Sudarmin, mengatakan, hampir dua pekan Perbup 31 tahun 2020, mulai diterapkan. Sekitar 30 warga yang tercatat terjaring dalam operasi protokol kesehatan. “Alasan mereka katanya lupa bawa masker. Padahal sebelum kami lakukan operasi, terlebih dahulu kami lakukan sosialisasi,” kata Sudarmin, usai menggelar operasi Yustisi di Simpang Empat Dinkes Konkep, Sabtu, (10/10) lalu.

Ia mengakui, ketika ada operasi, masyarakat patuh memakai masker. Namun setelah tak ada pemantauan, maskernya dibuka kembali. “Padahal ini untuk kebaikan kita semua. Agar Konkep kembali di zona hijau penyebaran Covid-19,” pinta Sudarmin. Pihaknya belum mengetahui sampai kapan operasi Perbup 31 ituakan berakhir. Menurutnya, selama pendemi virus corona belum bisa terkendali, pihaknya terus menegakkan aturan. “Banyak sanksi sosial yang kami berikan kepada pelanggar Prokes. Mulai dari diwajibkan menghapal Pancasila hingga push up,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kapolsek Wawonii, AKP Samsir Nasir, juga mengamankan beberapa kendaraan yang dianggap membahayakan warga lain. Diantaranya, tidak menggunakan lampu saat berkendara dimalam hari serta menggunakan knalpot modifikasi. “Kami hanya melakukan pembinaan bagi pengemudi yang dianggap bisa membahayakan pengendara lain. Kalau kendaraan yang tidak ada lampunya, kami suruh pasang dulu, baru motornya bisa keluar. Begitu juga yang memasang knalpot modif. harus dikembalikan ke standar pabrik,” ujar Kapolsek Wawonii. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top