Politik

Warga Antusias ke TPS, KPU Muna Optimis Capai Target Partisipasi Pemilih

KENDARINEWS.COM — Masyarakat Muna akan menentukan Bupati dan Wakil Bupati untuk lima tahun kedepan melalui pemilihan umum yang digelar hari ini, Rabu, 9 Desember. Antusiasme cukup tinggi terlihat dengan banyaknya pemilih berbondong-bondong ke tempat pemungutan suara (TPS). Kondisi keamanan dan ketertiban juga sejauh ini masih terkendali.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Muna, Nggasri Faeda mengaku sudah memantau langsung proses pencoblosan di beberapa wilayah Kabupaten Muna. Setelah melihat tingginya antusiasme masyarakat, dia optimis partisipasi pemilih akan mencapai target sebesar 85 persen.
“Saya sekarang sedang di Kecamatan Bone. Pantauan di lapangan masyarakat cukup antusias,” jelasnya.

Nggasri juga menjelaskan, suasana pencoblosan juga sampai saat ini masih kondusif. Belum ditemukan gangguan keamanan dan ketertiban maupun peristiwa alam yang mengganggu jalannya pemilihan. Demikian pula dengan penyelenggaran pemilihan masih terlaksana dengan lancar tanpa kendala berarti.

“Sejauh ini juga kondusif. Semua Komisioner sekarang memantau wilayah masing-masing. Kami berharap sampai proses perhitungan selesai, kondusifitas masih tetap terjaga,” terangnya.

Pilkada Muna 2020 sendiri diikuti dua pasangan calon yakni LM. Rusman Emba-Bachrun menggunakan nomor urut satu dan LM. Rajiun – La Pili dengan nomor urut dua. Kedua kandidat itu tinggal menunggu hasil perhitungan suara untuk dapat mengetahui nasib politiknya. Pilkada Muna tahun 2020 juga diikuti 143.128 wajib pilih sesuai daftar pemilih tetap yang akan tersebar di 409 tempat pemungutan suara di 22 kecamatan. “Target partisipasi diatas angka nasional 77,5 persen. Untuk Muna kita upayakan bisa sampai 80 atau 85 persen,” terangnya.

Usai pemilihan, KPU akan menggelar perhitungan hasil suara dan pleno berjenjang. Dimulai dari pleno tingkat penyelenggara pemilihan kecamatan pada tanggal 10 sampai 14 Desember. Sedangkan pleno kabupaten dijadwalkan sampai tanggal 17 Desember. “Setelah pleno kabupatan maka partisipasi ril akan ketahuan, termasuk siapa yang unggul,” pungkasnya. (Ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top