Metro Kendari

Wali Kota Kendari Salurkan Bantuan Usaha Produktif, Tiap UKM Dapat Bantuan Rp 1 Juta

KENDARINEWS.COM — Pemkot Kendari terus berbagi kebaikan dengan warganya di masa pandemi covid-19. Teranyar, Pemkot bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan bantuan usaha produktif kepada 12 Warga di Kecamatan Baruga. Setiap penerima dapat bantuan Rp 1 juta. Bantuan tersebut diharapkan bisa mendorong warga tetap produktif dimasa pandemi ini.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengaku sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dimasa pandemi covid-19 saat ini. Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif memanfaatkan dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang dikumpukan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Kendari untuk disalurkan pada kegiatan ekonomi produktif.

“Selama ini kan dananya disalurkan kepada mereka yang berhak seperti fakir miskin dan anak terlantar. Nah, sejak tahun lalu atau saat mewabahnya covid-19 itu item penerimanya kita tambah, yaitu bagi warga yang ingin berusaha, juga usaha kecil mikro (UKM) yang terdampak,” kata Sulkarnain Kadir.

Dia pun menegaskan, bantuan yang diberikan adalah murni bantuan dan bukan pinjaman, sehingga diharapkan penerima memanfaatkan secara optimal atas bantuan yang diberikan. “Kami ingin mereka yang menerima bantuan hari ini nantinya bisa menjadi pemberi zakat. Mudah-mudahan bantuan yang kita berikan bisa menambah modal mereka dalam mengembangkan usahanya. Jika untung, kami harap mereka juga menyalurkan zakat 2,5 persen untuk diberikan kepada warga lain yang membutuhkan,” kata Sulkarnain.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Baznas Kota Kendari, tahun ini pihaknya memprogramkan penyaluran bantuan usaha produktif kepada 180 penerima yang tersebar diseluruh kecamatan di Kendari. Rinciannya, Kecamatan Kambu dan Poasia sebanyak 27 penerima; Baruga, Kadia, Wuawua 30 orang; Abeli dan Nambo 51 orang; Mandonga dan Puuwatu 18 orang; serta Kendari dan Kendari Barat sebanyak 54 penerima. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top