Metro Kendari

Wali Kota Kendari Salurkan Bantuan Ribuan Benih Lele dan Sayur Organik

KENDARINEWS.COM — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, punya cara menjaga tren positif indeks harga gabungan atau inflasi. Tidak hanya memastikan ketersedian komoditas, ia turut menggalakan pemanfaatan lahan, hidropronik dan budidaya ikan air tawar. Sejauh ini, ribuan benih sayur dan ikan jenis tawar telah dilakukan secara gratis.

Program hidroponik dan budidaya ikan air tawar kata dia, menjadi salah satu solusi menjaga sektor ekonomi tetap tumbuh di masa pandemi covid-19. Apalagi tidak sedikit warga harus kehilangan pekerjaan atau usahanya. Jika tak diantisipasi, maka akan berdampak pada perekonomian daerah. “Kami ingin bantuan yang diberikan baik berupa benih sayuran hidroponik dan ikan air tawar jenis lele bisa dimanfaatkan warga. Baik untuk usaha atau hasil panennya dijual maupun untuk dikonsumsi sendiri,” kata Sulkarnain Kadir.

Untuk program hidroponik, pihaknya menyalurkan 1.000 benih sayuran organik. Diantaranya, sayur pakcoy, seledri, brokoli dan selada. Selain itu, pihaknya turut memberikan bantuan pupuk cair kepada 30 kelompok tani hidroponik di Kendari. Sedangkan benih lele, tercatat sekira 4.000 benih telah disalurkan kepada sekira 50 kelompok nelayan ikan air tawar.

Program ini lanjutnya, masih akan terus berlanjut. Sebab ini bagian dari upaya pemulihan ekonomi sekaligus menjadi stimulus bagi warga yang terdampak covid-19. “Kita juga akan mempertahankan tren positif indeks harga konsumen kita. Dua bulan terakhir (Januari dan Februari) kita mengalami deflasi. Kalau tak salah angkanya 0,24 persen dan 0,11 persen. Defalasi itu karena ekonomi kita yang bisa bertahan di masa pandemi covid-19,” ungkap Sulkarnain Kadir.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) Perwakilan Sultra mencatat, Kota Kendari pada Februari 2020 mengalami deflasi 0,11 persen dengan IHK 104,91 poin. Angka deflasi disumbang dari kelompok makanan, minuman dan tembakau, khususnya sayur-mayur sebesar 0,01 persen. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top