Metro Kendari

Wali Kota Kendari Gagas Koperasi Petani

KENDARINEWS.COM — Meski wilayah perkotaan, Kota Kendari memiliki lahan pertanian yang cukup luas. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah warga kota yang berprofesi sebagai petani mencapai 11 ribu orang. Tak heran, peningkatan produksi pertanian turut menjadi perhatian Pemkot Kendari.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kiri) menyerahkan bantuan pertanian kepada kelompok tani di Poasia. Bantuan tersebut diharapkan bisa meningkatkan produksi dan produktifitas petani selama pandemi Covid-19.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir mengatakan wilayah pertanian Kota Kendari tak bisa dibandingkan dengan daerah lain di Sultra. Namun warga yang mencari penghidupan dengan bertani cukup banyak. Untuk itulah, pihaknya berinisiatif menghadirkan sebuah wadah yang menghimpun para pahlawan pangan itu.

“Saya berharap, ke depan bukan hanya ke petaninya kita fokus. Namun juga harus ada wadah yang menghimpun petani seperti koperasi yang nanti bisa mengelola potensi yang ada sekaligus memudahkan petani mendapatkan bantuan program pemerintah. Saya sudah instruksikan Dinas Pertanian (Distan) Kota Kendari,” kata Sulkarnain.

Sejauh ini, pemerintah terus berusaha membantu petani baik berupa pupuk, bibit tanaman, alat mesin pertanian (alsintan) dan lainnya. Dua hari lalu, Pemkot menyalurkan bantuan pertanian ke petani di Poasia. Bantuan yang diserahkan diantaranya pupuk hayati (cair) sebanyak 1.560 liter, pupuk organik 4 ton, bibit sayuran dan bibit kelapa Genjah sebanyak 380 pohon. Bantuan tersebut diharapkan bisa meningkatkan produksi dan produktifitas petani selama pandemi Covid-19.

Terpisah, Kepala Distan Kota Kendari Hj Siti Ganef mengaku telah menerima instruksi dari Wali Kota pembentukan koperasi petani. Saat ini, pihaknya tengah berembuk untuk menetapkan regulasinya. Termasuk melakukan pendataan ulang kepada petani maupun kelompok tani yang masih aktif bertani. “Kita masih diskusikan dulu,” singkatnya. (b/ndi/ags)

Bantuan Petani Poasia
Pupuk Hayati (cair) 1.560 Liter
Pupuk Organik 4 Ton
Bibit Sayuran
Bibit Kelapa Genjah 380 Pohon

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top