Wakil Wali Kota Kendari Terima DIPA Tahun 2022

KENDARINEWS.COM–Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2022. Penyerahan DIPA dan TKDD dilakukan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) di salah satu hotel di Kendari, Senin (13/12/2021).

Tahun 2022 Kota Kendari mendapatkan alokasi anggaran TKDD sebesar Rp 0,969 triliun.

Gubernur Sultra Ali Mazi menjelaskan, alokasi anggaran tahun 2022 masih difokuskan untuk penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Gubernur juga meminta agar para bupati dan wali kota segera mempercepat proses kelengkapan dokumen dan secepatnya melakukan persiapan pencairan anggaran, sehingga awal tahun 2022 program pembangunan bisa segera berjalan.

Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran (tengah) menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2022 dari Gubernur Sultra Ali Mazi (paling kiri) dan disaksikan langsung Kepala DJPb Sultra Sugiyarto (paling kanan), Senin (13/12/2021).

“Pada tanggal 2 Januari 2022 pelaksanaan kegiatan sudah dimulai. Tantangan kita di tahun 2022 masih di sekitar penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat,” Gubernur Ali Mazi.

Hal senada diungkapkan Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Sultra Sugiyarto. Kata dia penyerahan DIPA dan TKDD dilaksanakan pada bulan Desember agar satuan kerja dan pemerintah Daerah bisa sesegera mungkin melakukan pengadaan dan pencairan.

“Oleh karena itu, seluruh satuan kerja dan pemerintah daerah agar sesegera mungkin melakukan langkah-langkah persiapan pelaksanaan anggaran tahun 2022 antara lain dengan melakukan percepatan proses pengadaan barang dan jasa atau lelang seperti penandatanganan kontrak setelah penerima DIPA namun kontrak tersebut berlaku efektif satu Januari 2022,” jelasnya.

Sementara Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran mengatakan, akan segera berkoordinasi dengan Wali Kota Kendari terkait percepatan realisasi anggaran seperti arahan pemerintah pusat.

“Kita akan upayakan agar pencairan anggaran bisa lebih cepat ditahun 2022, sehingga program pembangunan segera terealisasi di awal tahun, apalagi tahun depan merupakan akhir masa jabatan kami,” ungkap Siska.

Siska menambahkan di tahun 2022, sejumlah program akan diselesaikan diantaranya pembangunan kantor Wali Kota Kendari, pembangunan rumah sakit tipe D Puuwatu dan jalan Kembar Kali Kadia, termasuk program lain yang sudah disusun dalam RPJMD tahun 2017-2022. (rls/kn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *