Konawe

Wakil Rakyat Diminta Jangan Malas Berkantor!


KENDARINEWS.COM — Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe kerap sepi dari aktivitas para legislator. Padahal sebagai wakil rakyat, semestinya anggota legislatif (Aleg) tersebut menunaikan tugas yang diamanahkan dengan hadir di gedung parlemen. Sayangnya, kantor dewan tersebut biasanya akan terlihat ramai ketika ada agenda penting seperti rapat paripurna saja.

Murni Tombili

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Konawe, Murni Tombili, mengakui, beberapa anggota dewan malas berkantor karena hak-hak mereka sebagai wakil rakyat kurang diperhatikan. Sebagai bentuk protes pada pihak Sekretariat DPRD Konawe, para “Yang Terhormat” itu enggan masuk kantor.

“Saya sudah tegur juga. Alasan mereka (Aleg), dana perjalanan selalu terlambat dibayarkan,” ujar Murni Tombili, Jumat (9/10), ditemui di kantor DPRD Konawe.

Menurutnya, dalih yang dikemukakan sebagian Aleg DPRD Konawe itu memang tidak cukup rasional. Sayangnya, lanjut politisi PDIP tersebut, selaku Ketua BK DPRD ia tak dapat berbuat banyak. Murni Tombili mengaku tak memiliki bukti kuat untuk memberi sanksi terhadap koleganya yang sering lalai dalam menjalankan tugas. “Jangankan bukti, masalah absensi saja sampai saat ini tidak ada. Jadi memang agak susah dan kita serba salah,” ungkapnya.

Lanjut Murni Tombili, sesuai tata tertib (Tatib) DPRD Konawe, setiap Aleg harusnya sudah berkantor sejak pukul 9.00 hingga 16.00 Wita. Jika ada legislator yang setiap hari tak berkantor dengan dalih bertemu konstituen, sambungnya, hal itu tidak benar. Ia menuturkan, anggota DPRD bekerja secara kolektif dan tak bisa menjalankan tugas secara sendiri-sendiri.
“Anggota dewan bekerja sesuai komisi yang mereka tempati. Jadi saya imbau kita semua wakil rakyat jangan malas masuk kantor. Amanah rakyat harus kita emban sebaik-baiknya,” tandasnya. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top