Metro Kendari

Wagub Sultra : Pemberangkan Umrah Gratis Tunggu Izin Saudi Arabia

KENDARINEWS.COM — Program umrah gratis belum bisa direalisasikan. Pandemi covid-19 yang belum berakhir menjadi penyebabnya. Hingga kini, Pemprov masih menunggu izin dari pemerintah Arab Saudi. Tahun 2021, anggaran umrah gratis sebesar Rp 500 juta. Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, H Lukman Abunawas, mengatakan ada beberapa program Sultra Beriman yang belum bisa dilaksanakan. Salah satunya, program umrah gratis. Sebab sampai kini, pemerintah Arab Saudi belum memberi izin bagi jamaah asal Indonesia.

“Umrah gratis yang masuk dalam program Sultra Beriman sudah kita anggarkan, naum belum bisa dilaksanakan. Sebab sampai saat ini pemerintah Saudi Arabia belum mengizinkan pemerintah RI masuk di kawasan Masjidil Haram. Jadi memang belum bisa,” kata Lukman Abunawas, Rabu (24/2).

Hingga kini kata orang nomor 2 di Bumi Anoa ini, Indonesia dan beberapa negara lain masih masuk zona merah wabah yang menyerang sistem pernapasan ini. Makanya, pemerintah Arab Saudi melakukan pembatasan jamaah asal Indonesia. “Indonesia itu belum di izinkan untuk masuk di pusat ibadah suci di Ka’bah,” jelasnya.

Dana umrah gratis di Sultra kata mantan bupati Konawe dua periode ini bersumber dari Kementerian Agama (Kemenag) melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI). Total anggarannya sebesar Rp 500 juta. “Saat ini, kita tinggal menunggu informasi dari pemerintah Saudi Arabia. Yang jelas, kita sudah siapkan anggaran untuk itu sekira Rp 500 juta, ” kata Ketua DMI Sultra ini. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top