Metro Kendari

Wagub Minta CASN Baru Pahami Tupoksi ASN

KENDARINEWS.COM — Tinggal selangkah lagi, peserta seleksi yang dinyatakan lulus CASN bakal menyandang status abdi negara. Kini, mereka tengah mengikuti masa orientasi. Jika selesai, CASN baru ini akan menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan 80 persen. Untuk itulah, Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Lukman Abunawas meminta peserta orientasi mengikuti seluruh tahapan dengan baik. Pasalnya, materi yang disampaikan akan menjadi bekal saat bertugas.

“Jadi, mereka (CASN) harus lebih disiplin. Kerjakan seluruh tugas-tugas yang diberikan. Jangan lalai atau tidak hadir. Selain itu, patuhi protokol kesehatan (Prokes). Setelah ini, mereka akan mendapat SK 80 persen. Sebelum 100 persen, mereka akan mengabdi selama setahun,” pesan Lukman Abunawas.

Mantan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra ini menambahkan orientasi merupakan langkah awal CASN ditempa. Selama pembekalan, mereka diberi pembinaan. Tidak hanya menyangkut tugas-tugas ASN, namun juga disiplin termasuk dedikasi dan pengabdian sebagai pelayanan masyarakat. “Sebagai ASN, kinerjanya harus betul-betul real. Jadi, semuanya terukur. Di sisi lain, sesama ASN harus saling menjadi solidaritas. Unruk itulah, korps ASN sebaiknya saling memberi support dan berjiwa nasionalis. Artinya mengabdikan diri demi bangsa dan negara,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala BKD Sultra, Zunuriah mengatakan orientasi merupakan tahapan bagi setiap ASN sebelum mereka ditugaskan. Nantinya, mereka akan diberi pembekalan tentang tupoksinya, budaya organisasi hingga peran strategis aparatur negara. Untuk itulah, ia meminta peserta memanfaatkan waktu orientasi ini sebaik mungkin.

“Kita tidak boleh menyia-nyiakan waktu. Sebab mereka akan menghadapi tantangan dan peluang ke depan. Makanya, para ASN dituntut lebih produktif dan punya jiwa besar. Selain itu, setiap ASN harus memiliki kompetensi mulai persoalan teknis, manajerial dan sosio-kultural. Tentu kita semua tahu arah pembangunan SDM, terutama ASN, kita sedang membangun birokrasi, kita akan membentuk ASN yang berkarakter,” ujarnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top