Metro Kendari

Wagub Beri Kasek Waktu Tiga Bulan


74 Kasek SMA/SMK dan SLB Dilantik

KENDARINEWS.COM — Gelombang rotasi kepala Sekolah Menangah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) terus berlanjut. Kali ini, giliran Kepala Sekolah (Kasek) di enam daerah. Pengukuhan 74 Kasek ini dipimpin langsung Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Lukman Abunawas didamping Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, Zanuriah.

Lukman Abunawas mengatakan Kasek dituntut kreatif dan inovatif sehingga sekolah yang dipimpinnya bisa berprestasi dari segala bidang. Untuk itulah, harus berani melakukan perubahan kearah yang lebih baik. “Jadi harus bisa membuat prestasi Sekolah jauh lebih meningkat,” ujar orang nomor dua di Bumi Anoa itu.

Menurutnya, ada tiga indikator agar bisa menjalankan tugas. Pertama, harus memiliki fisik yang kuat agar mampu menjalankan tugas-tugas sebagai seorang pimpinan di sekolah. Kedua, Kasek harus memiliki kelebihan ilmu pengetahuan. Makanya, standar menduduki jabatan Kasek minimal memiliki ijazah S1. Namun didorong untuk melanjutkan studi S2.

Poin ketiga lanjut Lukman, harus memiliki mental dan spiritual. Makanya, tidak boleh ada Kasek yang tempramental, suka esmosi dan marah-marah. Sebab mereka adalah garda terdepan pengembangan dunia pendidikan. “Kasek itu harus bisa mengayomi, memotivasi dan melahirkan gagasan. Jadi, harus jadi teladan,” pesan Wagub.

Mantan Bupati Konawe dua periode itu juga menyebutkan, para kepsek yang dilantik tidak semata-mata di pilih begitu saja. Tetapi ada kriteria yang telah ditentukan. “Jabatan kepsek merupakan tugas tambahan dari seorang tenaga pendidik. Jadi bagaimana para Kepsek ini mengatur sekolah dan menginovasi kemajuan sekolahnya,” ungkapnya.

Jabatan yang diemban sambungnya, akan dievalasi. Untuk itulah, jangan sia-siakan amanah yang diberikan. Tunjukkan kinerja sebaik mungkin. “Saya memberikan waktu tiga bulan. Jika tidak mampu akan dikembalikan menjadi guru. Prestasi dan kinerjanya akan dievaluasi tiga sampai enam bulan kedepan,” tandasnya.

Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio mengatakan pelantikan ini merupakan kali kesekian yang digelar Dikbud Sultra. Untuk kali ini, sebanyak 74 Kasek dari enam daerah. Yakni, Konawe Selatan (Konsel) 32 orang, Konawe 27 orang, Konawe Utara (Konut) 10 orang, Buton 2 orang, Buton Selatan (Busel) 2 orang dan seorang peserta dari Bombana.

“Pelantikan ini dilakukan secara during karena angka Covid-19 di Sultra menurun drastis. Pelantikan ini juga kita terapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat,” singkat Asrun. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top