Kolaka Utara

Vaksinasi Tahap III, 1020 Nakes Bakal Pakai Vaksin Moderna

KENDARNEWS.COM–1020 tenaga kesehatan (nakes) di puskesmas dan Rumah Sakit (RS) di Kolut bakal melakukan vaksinasi tahap III. Mereka bakal menggunakan vaksin moderna yang diproduksi Moderna Incorporation Amerika Serikat.

Kadis Kesehatan Kolut, Irham menjelaskan, vaksinasi tahap III oleh nakes tidak lagi menggunakan sinovac. Hal itu dilakukan karena para nakes banyak mengalami tekanan dalam menghadapi pandemi Covid-19 gelombang kedua. “Untuk memastikan jika para nakes terlindungi secara maksimal,” ujarnya akhir pekan lalu.

Vaksin moderna dianggap jauh lebih baik berdasarkan bukti uji klinis memiliki efikasi 94,1 persen ketimbang sinovac hanya berkisar 65-70 persen. Vaksin ini belum diprioritaskan bagi tenaga administrasi baik di puskesmas dan RS. “Hanya nakes,” ucapnya.

Vaksin moderna dikatakan telah tersedia di pusat dan dalam proses ditribusi ke Sultra guna diteruskan ke Kolut. Kemungkinan bulan ini vaksinasi jenis ini sudah bisa dilakukan kepada 1020 nakes di Bumi Patowonua tersebut. (rus) 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top