Vaksinasi Lansia di Kendari Baru 50,33 Persen

KENDARINEWS.COM — Meski capaian vaksinasi telah mencapai 90 persen, namun penyuntikan vaksin terhadap anak usia 6-11 tahun di Kota Kendari belum bisa dieksekusi. Pasalnya, progres vaksinasi lansia terbilang rendah. Hingga kemarin, angkanya baru mencapai 50,33 persen. Sementara syaratnya harus di atas 60 persen.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, Samsul Bahri mengatakan vaksinasi anak 6-11 tahun belum bisa dilakukan. Padahal sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pelaksaannya dimulai tanggal 12 Januari (kemarin). Persoalannya, persyaratan pelaksanaan vaksinasi anak belum terpenuhi.

“Kita harus mengikuti aturan yang telah di tetapkan. Jadi, sampai saat ini kita belum mulai vaksinasi anak. Namun kami terus berusaha agar vaksin Lansia ini tercapai sehingga programnya bisa dimulai,” ujar Samsul Bahri, Rabu (12/1)

Saat ini, Dinkes gencar melakukan vaksinasi Lansia. Selain di kantor Dinkes, Rumah Sakit (RS) dan seluruh Puskesmas, pihaknya juga bekerjasama dengan TNI-Polri dan stakeholder lainnya dengan membuka gerai-gerai vaksinasi.

Samsul Bahri

“Kami targetkan, 31 Januari sudah bisa mencapai 60 persen. Kami berupaya minimal satu Fasilitas kesehatan (Faskes) bisa melakukan penyuntikan 20 orang sehari. Pada dasarnya, kami siap turun langsung pada masyarakat untuk melakukan vaksinasi termasuk lansia. Hanya saja, warga yang divaksin harus berjumlah kurang lebih 10 orang,” ujarnya.

Vaksinasi anak lanjutnya, tetap harus mendapat persetujuan orang tua. Di sisi lain, orang tua bisa turut mendampingi. Di Sultra, baru Konawe Utara (Konut) dan Konawe Selatan (Konsel) yang telah menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

“Kalau saat ini, kami belum berpikir ke sana. Kami masih fokus pada bagaimana vaksinasi lansia ini mencapai sesuai yang telah di targetkan. Setelah itu, baru bisa jadwalkan pelaksanaan vaksinasi anak,” jelasnya. (b/m1)

Vaksinasi Lansia
Sasaran 17.040 Jiwa
Vaksin I 8.577 Jiwa (50,33 Persen)
Vaksin II 5.808 Jiwa (34,08 Persen)

Syarat Vaksinasi Anak
Progres Vaksinasi di Atas 70 Persen
Vaksinasi Lansia 60 Persen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.