Politik

Usulan Pelantikan Surunuddin-Rasyid Segera Dikirim ke Mendagri

KENDARINEWS.COM — Usulan pengangkatan dan pelantikan duet Surunuddin-Rasyid (Suara) segera dikirim ke Menteri Dalam Negeri. Berkas usulan itu kini di meja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra. Utusan Pemkab dan DPRD Konawe Selatan (Konsel) menyerahkan langsung berkas usulan tersebut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Sultra, Basiran. “Berkas usulan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Konsel sudah kami terima,” kata Basiran, Rabu (24/3).

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pemprov Sultra itu menegaskan segera memeriksa kelengkapan berkas usulan yang diterimanya. Apabila dinyatakan lengkap maka segera dibuatkan surat usulan gubernur dan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Selanjutnya bakal dikirim kepada Mendagri. Kita upayakan diprosesnya secepatnya,” ungkap mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Utara (Kaltara) ini. Basiran belum dapat memastikan jadwal pelantikan duet Surunuddin Dangga-Rasyid sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konsel terpilih.

Proses penyerahan usulan pengangkatan dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Konsel, Surunuddin Dangga-Rasyid diserahkan di ruang kerja Asisten I Setda Sultra, sekira pukul 13.00 Wita, kemarin. Usulan pengangkatan diproses secara berjenjang. KPU Konsel menggelar pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih. Hasil pleno KPU diserahkan ke DPRD Konsel. Selanjutnya DPRD mengumumkan pengesahan Bupati dan Wakil Bupati Konsel terpilih dalam rapat paripurna.

Sebelumnya, Ketua DPRD Irham Kalenggo menjelaskan, pengesahan dilaksanakan dengan memperhatikan SE Mendagri Nomor SE.120/2033/OTDA tanggal 22 Maret 2017 tentang pengesahan, pengangkatan dan pemberhentian Gubernur/Wagub, Bupati/Wabup, Walikota/Wakil Walikota. Selain itu, memperhatikan putusan MK dan keputusan KPU tentang penetapan paslon terpilih sehingga diumumkan pengesahan oleh DPRD. Ia mengapresiasi semua calon kepala daerah yang telah memberikan warna demokrasi dan alternatif pilihan masyarakat. “Usai pengumuman pengesahan, kami mengusulkan pengangkatan bupati dan wabup kepada Mendagri melalui Gubernur Sultra untuk diproses sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Hal itu untuk menunjang agenda pelantikan,” ujar Irham Kalenggo.

Bupati Konsel terpilih Surunuddin menyampaikan terima kasih kepada KPU, Bawaslu, Kejari, TNI, Polri, partai penggusung dan simpatisan sehinga Pilkada Konsel berjalan aman dan lancar. Dia juga meminta maaf kepada seluruh elemen jika selama berkompetisi terjadi hal yang tidak diinginkan. Lagipula hal itu bagian dari dinamika pesta demokrasi. “Sesungguhnya kita semua bersaudara,” ujarnya. (rah/kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru


To Top