Muna

Usul Penataan Jalan dan Drainase ke Balai, Rusman : Kota Raha Harus Ramah untuk Pejalan Kaki

KENDARINEWS.COM — Penataan wajah kota sudah menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna. Program tersebut meliputi pengendalian banjir dan penataan pedestrian jalan untuk memperindah wajah kota Raha.Bupati Muna LM. Rusman Emba menerangkan wilayah Raha yang menjadi ibu kota Muna saat ini masih memiliki sejumlah masalah lingkungan maupun landscape perkotaan. Diantaranya banjir yang kerap menggenangi kawasan tugu Pahlawan, jalan protokol hingga ruang terbuka lainnya.

“Banjir ini salah satu masalah yang harus diseriusi karena sudah seringkali terjadi. Salah satu masalahnya adalah drainase yang tidak representatif,” paparnya. Selain itu, Rusman juga menginginkan agar kota Raha lebih ramah terhadap pejalan kaki. Fasilitas itu bisa dibangun di jalan protokol seperti bilangan Sutan Syahrir, MH. Tamrin hingga Gatot Soebroto. Pembangunan pedestrian itu juga sekaligus untuk menghilangkan kesan kumuh di jalan utama dalam kota.

“Ada sisa lahan antara jalan dan drainase yang sekarang ditumbuhi rumput. Kami ingin lahan itu dibuatkan pedestrian,” kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini. Dirinya menambahkan, kedua fasilitas itu baik drainase dan pedestrian sudah diusulkan kepihak Balai Jalan sebagai otoritas yang menangani jalan nasional. Rusman berharap dua fasilitas itu dapat direalisasikan tahun depan. “Kami sudah minta diprioritaskan tahun depan,” pungkasnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top