Metro Kendari

US Jadi Syarat Kelulusan Siswa

KENDARINEWS.COM — Asesmen Nasional (AN) atau dulunya Ujian Nasional (UN) ditiadakan tahun 2021. Situasai andemi covid-19 yang belum berkahir menjadi alasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebagai gantinya, penentuan kelulusan siswa diserahkan ke sekolah masing-masing. Di Kendari, pemkot memilih opsi Ujian Sekolah (US) sebagai penentu kelulusan. Upaya itu dilakukan sebagai tolok ukur menghasilkan lulusan (anak didik) yang kompeten dan berkualitas.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Makmur mengatakan usai beredarnya Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) nomor 1 Tahun 2021 tentang penghapusan Ujian Nasional (UN), maka pihaknya tengah meyiapkan syarat yang tepat untuk digunakan dalam penamatan siswa.

“Meski UN sudah dihapus, tentu ada beberapa syarat yang harus dilalui siswa agar bisa lulus sekolah. Salah satu yang akan kami gunakan adalah menerapkan Ujian Sekolah. Tapi sebelum itu, kami akan mengkordinir dan penyiapkan tes-tesnya itu seperti apa,” ujar Makmur kemarin.

Selain US yang menjadi salah satu syarat lulus, pihaknya juga tengah menyiapkan pilihan lain, agar nantinya bisa didapatkan alat ukur yang betul-betul valid dan memenhu syarat. Sehingga nanti bisa menghasilkan anak didik yang berkualitas.

Lebih lanjut, makmur mengungkapkan, pihaknya saat ini belum melakukan komunikasi dengan wali kota terkait US apakah bisa dilakukan secara tatap muka. Pasalnya, pihaknya terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Satgas Covid-19.

“Jadi, kalau hasil diskusi dengan pihak terkait sudah ada, maka akan kita simpulkan langkah apa selanjutnya, khususnya yang kelas 6 atau 9 nanti. Yang jelas, sejauh ini metodenya masih dilakukan daring dan luring,” jelas Makmur. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top