Kolaka

UKM Center Mulai Difungsikan, Ratusan Produk Lokal Siap Dipasarkan

KENDARINEWS.COM — Setelah diresmikan pada Desember 2020 lalu, gedung UKM Center Antam mulai difungsikan. Pihak PT Antam menggelar grand opening pemanfaatan gedung yang terletak di jalan Poros Pomalaa-Kolaka Kelurahan Dawi-Dawi itu, Rabu (9/3). General Manager PT Antam Tbk UBPN Sultra, Nilus Rahmat, mengatakan, gedung tersebut dibangun Antam untuk mendukung kegiatan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), sekaligus mengembangkan potensi dan kapasitas produk lokal.

“Gedung UKM Center Antam ini bisa membantu para pengusaha lokal untuk lebih baik lagi dalam pemasaran dan memacu produk unggulan berbasis lokal. Tidak menutup kemungkinan, kedepan akan dilakukan promosi khususnya ke daerah luar Kabupaten Kolaka,” tuturnya, kemarin. Tak hanya sekadar menyiapkan fasilitas gedung, untuk mengoptimalkan pendapatan pelaku usaha yang ada di UKM Center, kata Nilus, pihaknya juga akan membantu dalam proses pemasaran. “Saya minta para pelaku usaha ini difasilitasi dalam pembuatan promosi yang berbasis digital. Banyak pengguna media sosial yang bisa membantu kita dalam mengerakan promosi penjualan. Dari sisi aturan juga, melalui bagian CSR kami akan memfasilitasi perizinan agar pelaku usaha ini memiliki izin yang dibutuhkan sesuai regulasi yang berlaku,” ujarnya.

Pada kegiatan yang dihadiri oleh puluhan pelaku usaha kecil tersebut, Nilus juga mengajak untuk memasarkan produknya di UKM Center Antam. Ia berjanji akan melengkapi sarana yang ada. VP HC CSR and Finance PT Antam Tbk UBPN Sultra, Dito Yulianto, menambahkan, dalam pemanfaatan gedung tersebut, pihaknya juga melibatkan para mitra binaan serta kelompok PKK dan organisasi kewanitaan lainnya untuk bergabung di UKM Center. Kata dia, produk yang dipasarkan di UKM Center Antam itu sebagian besar merupakan produk lokal.

“Ada ratusan produk yang dipasarkan di UKM Center Antam ini. Mulai dari kuliner, kerajinan tangan, furnitur, hingga oleh-oleh khas Kolaka seperti kain tenun juga ada disini. Ini dilakukan dalam rangka meningkatkan roda perekonomian di sekitar wilayah operasional perusahaan,” paparnya. Sementara itu, Dandim 1412 Kolaka, Letkol Inf Risa Wahyu Pudji Setyawan yang turut hadir dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasi pada pihak BUMN yang telah membantu para pelaku UKM untuk memasarkan produknya. “Ini sejalan dengan program kami dalam menggandeng para generasi muda untuk menggiatkan UKM. Jadi dengan adanya gedung ini, ketika ada tamu nanti maka bisa diarahkan ke sini untuk belanja oleh-oleh,” tuturnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top