Edukasi

UAM Online dan Offline Dimulai Hari Ini

KENDARINEWS.COM —Dengan ditiadakannya Ujian Akhir Madrasah Ber­standar Nasional (UAMBN) tahun ini, maka seluruh sat­uan pendidikan tingkat ma­drasah se Indonesia hanya akan melaksanakan Ujian Akhir Madrasah (UAM). Uji­an akhir madrasah se Sultra mulai digelar hari ini (15/3) hingga 10 April mendatang.

Kabid Pendidikan Madra­sah, Muh. Saleh, M.Pd.I., mengungkapkan pelaksan­aan UAM, menjadi pilihan. Itu setelah ujian madrasah tingkat nasional dibatalkan akibat pandemi Covid-19.

“UAM ini akan menjadi ajang untuk mengukur sam­pai dimana kemampuan para siswa selama mengikuti pembelajaran tiga tahun. Ujian ini akan menjadi salah satu pengukur nilai ijazah yang akan diakumulasikan dengan nilai rapor dari se­mester satu sampai enam,” ungkap Muh. Saleh, Sabtu (13/3) lalu.

Dijelaskan bahwa soal UAM berbentuk hots atau berpikir tingkat tinggi untuk mengukur kemampuan in­telektual para siswa dalam memahami dan mencerna maksud dari soal-soal yang akan diujiankan pada setiap pelajaran.

“Pembuatan soalnya itu kami kembalikan di sekolah masing-masing. Mengingat mereka yang lebih mengetahui tentang kemampuan, serta tingkat kualitas dari para siswa. Akan tetapi kami tekankan untuk membuat soal yang sangat bagus, bisa mem­buat siswa berfikir keras untuk menjawab. Tentu­nya menyesuaikan dengan kondisi siswa, apa yang mereka dapatkan selama pembelajaran di sekolah,” terangnya.

“Pastinya seluruh guru penyusun soal di selu­ruh sekolah madrasah, kami sudah bekali melalui Bimtek lebih awal. Artinya persiapan untuk meng­hadapi UAM sudah sangat siap, karena menyangkut kepentingan siswa sehing­ga segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan ma­tang,” tambahnya.

Ia berpesan, kepada seluruh siswa agar terus belajar dan belajar, se­lama menghadapi UAM sehingga ke depannya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

“Saya berharap se­luruh siswa madrasah, mulai dari jenjang MI, MTS, dan MA, untuk mengeluarkan segala kemampuannya. Art­inya ilmu yang mereka peroleh selama proses pembelajaran harus dikeluarkan, agar bisa mendapatkan nilai yang tinggi. Saya juga ingat­kan untuk selalu men­jaga kesehatan, senan­tiasa menerapkan hidup sehat, supaya terhindar dari Covid-19,” pungkas Muh. Saleh.(Ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top