Sulawesi Tenggara

Tunaikan Perintah Jaksa Agung

Kepala Kejaksaan Tinggi Sultra, Sarjono Turin didampingi Wakajati Sultra, Akhmad Yani memberikan tumpeng HBA kepada jajarannya usai upacara HBA secara Virtual di Kantor Kejati Sultra

KENDARINEWS.COM– Insan Kejaksaan Sultra memeringati Hari Bhakti Adhyaksa (HBS) ke-61, 22 Juli kemarin. Secara nasional, upacara peringatan HBA dipimpin langsung Jaksa Agung RI, Sanitiar Burhanuddin dari Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kebayoran Baru, Jakarta. Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara (Kejati Sultra) mengikuti upacara HBA secara virtual di Aula Kejati Sultra, Kamis (22/7).

Kepala Kejati Sultra, Sarjono Turin menegaskan komitmennya menunaikan amanat Jaksa Agung RI, Sanitiar Burhanuddin. Kajati Sarjono Turin mengutip amanat Jaksa Agung bahwa HBA dimaknai sebagai momentum evaluasi dan introspeksi. HBA juga hendaknya menjadi momentum merumuskan langkah-langkah yang hendak dilakukan ke depannya. Khususnya dalam menjawab tantangan dan mengatasi situasi saat ini. Tanpa harus mengurangi semangat dalam bekerja dan berkarya.

“Mari Berkarya untuk Bangsa, khususnya mendukung dan memastikan setiap kebijakan pemerintah sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” ujar Sarjono Turin mengutip amanah Jaksa Agung RI, Burhanuddin.

Perkembangan global saat ini bergerak cepat. Melampaui batas ruang dan waktu. Kejaksaan dituntut mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. “Peran Kejaksaan sebagai aparat penegakan hukum tidak lagi berorientasi pada kepastian dan keadilan, melainkan harus mampu memberikan kemanfaatan hukum bagi masyarakat,” ungkap Jaksa Agung seperti dituturkan Kajati Sarjono Turin.

Kemanfaatan penegakan hukum dibutuhkan dalam proses pembangunan. Menciptakan kondisi yang mendukung dan mengamankan pelaksanaan pembangunan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. “Pembangunan ekonomi akan kokoh apabila ditopang oleh hukum yang kuat. Sehingga proses penegakan hukum yang dilakukan, mampu memberikan kemanfaatan pada setiap proses pembangunan,” kata Sarjono Turin menyampaikan amanat Jaksa Agung.

Pandemi Covid-19 menghantam perekonomian negara. Dalam kondisi itu, diperlukan banyak sumber daya ekonomi. “Jaksa harus memiliki inisiatif mendampingi dan mengamankan setiap program pemerintah. Baik dalam proses pembangunan dan pemulihan ekonomi nasional. Serta memperbanyak dan mengoptimalkan upaya pemulihan, pengembalian dan penyelamatan keuangan negara,” pinta Jaksa Agung.

Kajati Sarjono berkomitmen menjalankan, tujuh perintah harian yang disampaikan Jaksa Agung RI. Kejati Sultra mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam penanggulangan covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dan menciptakan karya inovatif dan terintegrasi yang dapat meningkatkan pelayanan publik. (ndi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top