Tunai Janji, Teguh Mengabdi

Nasional

Pemimpin Wakatobi, Haliana-Ilmiati (Hati) Dilantik Gubernur

KENDARI,KENDARINEWS.COM–Haliana-Ilmiati Daud dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi periode 2021-2026. Pelantikan itu menjadi momentum awal untuk menunaikan janji politik saat kampanye Pilkada tahun 2020 sekaligus meneguhkan diri untuk mengabdi melayani masyarakat Wakatobi.

Pemimpin Wakatobi duet Haliana-Ilmiati (Hati) dilantik Gubernur Sultra, Ali Mazi di rumah jabatan gubernur, Senin (28/06/2021). “Menjadi kepala daerah, harus bekerja siang dan malam demi memastikan setiap masyarakat merasakan pelayanan pemerintah. Saya minta agar mengedepankan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik yakni professional, responsif, transparan, akuntabel, berkeadilan, efisien, efektif dan bermartabat,” pesan Gubernur Sultra, Ali Mazi, Senin (28/06/2021).

Gubernur Sultra Ali Mazi (kanan) melantik Bupati Wakatobi H. Haliana (dua dari kiri), dan Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud (kiri) di Ruang Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Senin
(28/06/2021). MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS

Bagi Ilmiati Daud, kata Gubernur Ali Mazi adalah periode kedua sebagai Wakil Bupati Wakatobi. Tentu telah banyak pengalaman dalam pemerintahan. Pengelaman itu harus menjadi titik tolak untuk bersama Bupati Haliana menakhodai pemerintahan dengan mengukir prestasi gemilang.

“Menata program strategis peruraian di segala bidang dan pelayanan prima kepada masyarakat. Yang diaktualisasikan dalam sistem manajemen yang meliputi perencanaan pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi yang mengacu pada tugas pokok dan fungsi dari masing-masing lembaga pelaksana penyelenggaraan pemerintahan daerah,”ungkap Gubernur Ali Mazi.

Ali Mazi berpesan untuk bahu-membahu secara harmonis bersinergi saling mengisi dan melengkapi bersama seluruh jajaran birokrasi dan para tokoh. Seluruh komponen masyarakat harus dapat dirangkum demi kemajuan bersama.

Sementara itu, Bupati Wakatobi Haliana menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Wakatobi yang telah memberikan kepercayaan memimpin daerah. Amanah ini, kata dia, sangat berat. Karena nantinya akan dimintai pertanggungjawaban, bukan saja di dunia, tapi juga di akhirat. “Saya meminta kepada masyarakat agar bersinergi membangun Wakatobi. Saya bersama Ilmiati Daud tak ada apa-apanya tanpa dukungan rakyat. Dan pembangunan tidak akan berjalan efektif tanpa suport dari semua kalangan terutama masyarakat,” kata Haliana usai dilantik kepada Kendari Pos, Senin (28/06/2021).

Bupati Wakatobi H. Haliana (dua dari kiri) dan Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud (kanan) saat disumpah dalam pelantikan di Ruang Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Senin (28/06/2021).
MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS

Salah satu program perdana yang akan dilaksanakan, kata dia, yakni pembenahan jalan dan pengadaan lampu jalan. Karena ini sangat erat kaitannnya dengan perekonomian. “Kami bekerja berangkat dari polemik yang sedang dihadapi masyarakat. Artinya menjawab keluhan ataupun kebutuhan rakyat. Yang muaranya agar mereka sejahtera, makmur, sentosa,” jelas Bupati Haliana.

Sementara itu, Wakil Bupati Ilmiati Daud mengatakan, perihal sentral dalam pemerintahan yakni penataan birokrasi yang rapi dan berintegritas. Sehingga roda pemerintahan berjalan pada arah yang di cita-citakan sesuai visi misi yang dicanangkan.

“Tak kalah pentingnya harmonisasi dan akselerasi dari berbagai komponen pemerintah harus terjalin dengan baik. Demi mengantarkan Wakatobi menjadi daerah yang terus bergerak maju,” pungkas Bupati Wakatobi, Haliana. (ali/c)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *