Metro Kendari

Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat

GPMB Kota Kendari Bakal Gelar Event Pesisir

KENDARINEWS.COM — Tingkat literasi masyarakat Sultra masih rendah. Saat ini, masih berada pada angka 54,76 persen. Kurangnya minat membaca menjadi faktor rendahnya kualitas berbahasa masyarakat, khususnya yang ada di kawasan pedesaan dan pesisir. Atas dasar itu, Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kota Kendari terdorong untuk mengatasinya melalui event pesisir.

Ketua GPMB Kota Kendari, Hj.Sri Lestari Sulkarnain mengatakan event pesisir merupakan salah satu bagian dari program kerja kepengurusan GPMB. Kegiatan ini tersebut menyasar masyarakat Kota Kendari yang ada di kawasan pesisir. “Event ini kami laksanakan untuk meningkatkan literasi masyarakat pesisir. Kegiatan dalam evennya nanti bervariasi. Agar masyarakat pesisir mau membaca,” kata Sri Lestari

AGUS SETIAWAN/KENDARI POS
MINAT BACA : Ketua GPMB Kota Kendari, Hj.Sri Lestari Sulkarnain (paling tengah) didampingi para pengurus berkomitmen meningkatkan literasi masyarakat Kota Lulo melalui peningkatan minat baca.

Istri Wali Kota Kendari ini menyakini melalui even yang bervariasi, akan dapat menarik perhatin masyarakat pesisir yang notabenenya memiliki tingkat pendidikan yang masih tergolong rendah. Untuk itulah, upaya peningkatab minat baca sangat penting digalakkan.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan menghadirkan website GPMB. Pada portal tersebut, para pengurus yang berasal dari berbagai profesi mulai dari guru, akademisi, tenaga kesehatan, hukum dan media massa, bisa menyalurkan produk (tulisan) yang bisa dikonsumsi oleh publik.

“Saat ini masyarakat cenderung mengakses IT, sekarangkan jamannya paperless. Sehingga kami hadirkan website agar seluruh masyarakat khususnya pelajar bisa mengkasesnya, bisa belajar dan membaca. Mudah-mudahan apa yang kami bakal hadirkan bisa meningkatkan minat baca masyarakat. Sehingga tingkat literasinya bisa tumbuh, dan paling utama bisa menjadikan membaca menjadi sebuah budaya dan kebiasaan baru masyarakat,” kata Sri Lestari. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top