Hukum & Kriminal

Truk Tak Mampu Mendaki, 7 Ton Baja Ringan Berhamburan di Jalur Trans Sulawesi Kolut

KENDARINEWS.COM — Untuk kesekian kalinya, jalan curam di jalur Trans Sulawesi Desa Bahari Kecamatan Tolala, Kabupaten Kolaka Utara, kembali membuat keok truk ekspedisi yang melintasi wilayah itu. Kali ini yang terkena apes kendaraan enam roda asal Palopo, Sulawesi Selatan, truk nyaris terjungkal hingga menumpahkan tujuh ton baja ringan ke jalan.

Kapolsek Tolala, Ipda Arifuddin menjelaskan truk gagal mendaki itu berlangsung pukul 10.00 Wita di Dusun III. Mobil bermerek Hino Dutro 130 HD hijau dengan nomor polisi (nopol) DD 8878 SZ tersebut dikemudi Triono (34), warga Palopo. “Kami langsung evakuasi muatan dan kendaraan karena menghalangi jalan,”ucapnya.

Kata dia, saat truk tersebut tidak mampu mendaki lagi, sang sopir lekas melompat keluar dari ruang kemudi untuk mengganjal roda belakang kendaraan. Akibatnya, haluan truk seketika terangkat setinggi kurang lebih dua meter dan menumpahkan muatan.

Lanjut Arifuddin, baja ringan itu pun segera ditepikan termasuk menormalkan kembali posisi truk. Lalu lintas kendaraan mulai lancar dan dihimbau para sopir saat melintas mempertimbangkan bobot muatan, kemampuan truk sebelum memasuki wilayah Kolut yang dominan berkelok dan banyak tanjakan curam.

“Bersyukur tidak ada kendaraan di belakang saat muatan tumpah. Itulah pentinya jaga jarak dengan kendaraan besar saat di tanjakan. Tidak ada korban jiwa,” pungkasnya. (rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top