Metro Kendari

Triwulan III, Realisasi Investasi di Sultra Capai Rp 17 Triliun

KENDARINEWS.COM — Iklim investasi di Sultra tahun 2020 cukup positif meski di tengah pandemi covid-19. Hingga triwulan III, realisasi investasi telah mencapai angka Rp 17 triliun. Capaian ini telah melampaui target tahun ini yang dipatok Rp 11 triliun. Investasi terbesar disumbang sektor pertambangan dan perikanan. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sultra, Masmudin menyebutkan wabah pandemi Covid-19 tidak berpergaruh pada investasi di Sultra. Bahkan jumlah perusahan yang menanamkan investasi di Sultra terus bertambah. Tahun ini, sebanyak 600 lebih perusahan yang terdata.

“Izin perusahan terus bertambah dan tidak mengalami penurunan. Perusahaan yang masuk sebagain besar skala besar. Makanya, realisasi investansi telah mencapai Rp 17 triliun dari target Rp 11 triliun,” beber mantan Wakil Bupati Konawe ini kepada Kendari Pos kemarin.
Di sektor pertambangan sambungnya, perusahaan mulai melakukan eksplorasi dan operasi produksi. Kegiatan ini cukup mendongkrak nilai investasi. Di sisi lain, proses perizinan kapal tangkap, usaha perikanan dan budidaya mulai bangkit. Begitu pun dengan sektor-sektor lainnya.

“Jadi, jangan heran baru masuk triwulan ketiga atau lewat triwulan kedua kita sudah mencapai Rp 17 triliun. Capaian ini mengulang tahun 2019 lalu. Pada saat itu, kami berhasil menddongkrak nilai investasi sebesar Rp 16 miliar dari Rp 11 triliun yang ditargetkan,” ujar mantan Kepala Dinas Pendidikan Konawe ini.

Masmudin berharap pandemi Covid-19 segera berlalu agar kinerja instansinya bisa jauh lebih baik lagi. Karena itu perlu di dukung dengan kedisiplinan, sehingga semua ivestasi dapat berjalan dengan baik. “Investor ini ada dari luar negeri dan ada pula dari Jakarta. Untuk itu kita harapkan supaya menjaga protokol kesehatan karena yang namanya virus tidak mengenal siapa, jadi kita harus saling menjaga. Misalnya investor bila kurang sehat sebaiknya istrahat dulu sebelum mengurus perizinan. ,” pungkasnya. (b/rah)

Realiasi Investasi
Tahun Realisasi Target
2020 Rp 17 Triliun Rp 11 Triliun
2019 Rp 16 Triliun Rp 11 Triliun

Penyumbang Terbesar Sektor Pertambangan dan Perikanan
Kegiatan Eksplorasi dan Operasi Produksi, Perizinan Kapal Tangkap dan Usaha Perikanan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top